Analisis Faktor Bauran Pemasaran di Pasar Tradisional yang Dipertimbangkan oleh Konsumen dalam Pembelian Ikan Patin di Kabupaten Sragen

Barinto, Aswin (2017) Analisis Faktor Bauran Pemasaran di Pasar Tradisional yang Dipertimbangkan oleh Konsumen dalam Pembelian Ikan Patin di Kabupaten Sragen. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (306Kb)

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor bauran pemasaran yang dipertimbangkan dalam proses pengambilan keputusan pembelian ikan patin di pasar tradisional Kabupaten Sragen dan mengetahui variabel yang dominan dipertimbangkan dalam keputusan membeli ikan patin di pasar tradisional Kabupaten Sragen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan teknik survei. Penentuan lokasi penelitian dilakukan dengan cara purposive. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling yang juga biasa disebut dengan judgement sampling. Analisis yang digunakan dalam pengolahan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan analisis faktor yang menghasilkan faktor-faktor baru yang tersusun dari variabel-variabel yang memiliki pengaruh terhadapa terbentuknya faktor baru tersebut. Didalam analisis faktor terdapat uji KMO, uji MSA, uji Bartlett’s Test of Sphericity, uji komunalitas, nilai eigen value dan nilai factor loading. Dari penelitian yang dilakukan diketahui bahwa hasil analisis faktor menggunakan 20 variabel dapat disederhanakan menjadi 4 variabel yang memenuhi kriteria dan tercakup dalam 2 faktor inti. Faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian ikan patin di pasar tradisional Kabupaten Sragen adalah faktor produk dan faktor harga.Variabel yang dominan dipertimbangkan konsumen dalam membeli ikan patin di pasar tradisional Kabupaten Sragen adalah variabel keterjangkauan harga. Dengan nilai factor loading sebesar 0,822.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
    Depositing User: Arief Atmojo
    Date Deposited: 26 Oct 2017 10:29
    Last Modified: 26 Oct 2017 10:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35510

    Actions (login required)

    View Item