UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENEMUKAN ISI DAN PESAN TEMBANG MACAPAT SINOM MELALUI TEKNIK MAKE A MATCH DAN MEDIA PAPAN JODOH PADA SISWA KELAS VIII D SMPN 3 KEBAKKRAMAT TAHUN AJARAN 206/2017

Kusumaningrum, Bhrehita Tri (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENEMUKAN ISI DAN PESAN TEMBANG MACAPAT SINOM MELALUI TEKNIK MAKE A MATCH DAN MEDIA PAPAN JODOH PADA SISWA KELAS VIII D SMPN 3 KEBAKKRAMAT TAHUN AJARAN 206/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (353Kb)
    [img] PDF - Published Version
    Download (104Kb)

      Abstract

      ABSTRAK Bhrehita Tri Kusumaningrum UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENEMUKAN ISI DAN PESAN TEMBANG MACAPAT SINOM MELALUI TEKNIK MAKE A MATCH DAN MEDIA PAPAN JODOH PADA SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 3 KEBAKKRAMAT TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Agustus 2017 Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menemukan isi Tembang Macapat Sinom melalui teknik Make a Match dengan media papan jodoh. Untuk meningkatkan kemampuan menemukan pesan Tembang Macapat Sinom melalui teknik Make a Match dengan media papan jodoh. Untuk meningkatkan keaktifan menemukan isi dan pesan Tembang Macapat Sinom melalui teknik Make a Match dengan media papan jodoh pada siswa kelas VIII D SMP 3 Kebakkramat Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 3 Kebakkramat yang terdiri dari 34 siswa. Pengumpulan data ini dilakukan dengan menggunakan wawancara, tes, dokumentasi, dan observasi. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif. Proses penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dalam tiap siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Cooperative learning teknik Make a Match dalam pembelajaran Bahasa Jawa pada siswa Kelas VIII D SMP Negeri 3 Kebakkramat dapat dilaksanakan dengan baik. Penelitian yang telah dilakukan terbukti bahwa kemampuan menemukan isi dan pesan tembang macapat Sinom siswa dalam mengikuti proses pembelajaran semakin meningkat. Pada prasiklus jumlah siswa yang mendapatkan nilai di atas 75 sebanyak 14 siswa (41,18%). Pada siklus I jumlah siswa yang mendapat nilai 75 ke atas sebanyak 24 siswa (70,59%). Pada siklus II jumlah siswa yang mendapat nilai 75 ke atas sebanyak 32 siswa (94,12%) dengan rata-rata 86,84. Kata kunci: model pembelajaran kooperatif teknik make a match, media papan jodoh, kemampuan menemukan isi dan pesan Tembang Macapat Sinom.

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
      Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
      Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Jawa
      Depositing User: rifqi imaduddin
      Date Deposited: 25 Oct 2017 14:58
      Last Modified: 25 Oct 2017 14:58
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35498

      Actions (login required)

      View Item