ANALISIS PENGARUH STORE NAME, BRAND NAME DAN PRICE DISCOUNTS TERHADAP EVALUASI KONSUMEN DAN PURCHASE INTENTIONS (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta Konsumen Celana Jeans Merek Lee Cooper dan Cressida di Matahari SGM dan Luwes)

DWI ISWANTO, FAJAR (2009) ANALISIS PENGARUH STORE NAME, BRAND NAME DAN PRICE DISCOUNTS TERHADAP EVALUASI KONSUMEN DAN PURCHASE INTENTIONS (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta Konsumen Celana Jeans Merek Lee Cooper dan Cressida di Matahari SGM dan Luwes). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (445Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh store name terhadap perceived store image, pengaruh brand name terhadap perceived brand quality dan internal reference price, pengaruh price discount terhadap perceived brand quality, internal reference price dan perceived value, pengaruh internal reference price terhadap perceived value, pengaruh brand perceived quality terhadap internal reference price, perceived store image dan perceived value serta pengaruh perceived store image dan perceived value terhadap purchase intentions. Penelitian ini merupakan penelitian kausal dengan menggunakan metode survey. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi UNS yang pernah membeli celana jeans merek Lee Cooper dan Cressida di toko Matahari SGM dan Luwes. Sampel yang diambil sebesar 185 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah non-probability sampling, dengan cara purposive sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). SEM merupakan teknik multivariate yang mengkombinasikan aspek regresi berganda dan analisis faktor untuk mengestimasi serangkain hubungan ketergantungan secara simultan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan Program AMOS versi 4.01 untuk menganalisa hubungan kausalitas dalam model struktural yang diusulkan. Berdasarkan hasil analisis model struktural yang menguji pengaruh store name, brand name, dan price discount terhadap evaluasi konsumen dan purchase intentions, dapat disimpulkan bahwa variabel store name tidak berpengaruh signifikan dan positif terhadap perceived store image. Variabel brand name berpengaruh signifikan dan positif terhadap brand perceived quality. Variabel brand name berpengaruh signifikan dan positif terhadap internal reference price. Variabel brand perceived quality tidak berpengaruh signifikan dan negatif terhadap internal reference price. Variabel brand perceived quality berpengaruh signifikan dan positif terhadap perceived store image. Variabel price discount berpengaruh signifikan dan negatif terhadap internal reference price. Variabel price discount tidak berpengaruh signifikan dan negatif terhadap brand perceived quality. Variabel price discount tidak berpengaruh signifikan dan positif terhadap perceived value. Variabel internal reference price tidak berpengaruh signifikan dan positif terhadap perceived value. Variabel brand perceived quality tidak berpengaruh signifikan dan positif terhadap perceived value. Variabel perceived store image tidak berpengaruh signifikan dan positif terhadap purchase intentions. Variabel perceived value tidak berpengaruh signifikan dan positif terhadap purchase intentions. Hal ini dikarenakan mahasiswa yang identik dengan konsumen yang mempunyai pengetahuan yang tinggi ternyata juga sering melakukan pembelian atau tindakan yang kurang rasional. Kata kunci : store name, brand name, price discount, perceived store image, perceived brand quality, internal reference price, perceived value, dan purchase intentions.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Budhi Kusumawardana Julio
    Date Deposited: 14 Jul 2013 03:03
    Last Modified: 14 Jul 2013 03:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/3549

    Actions (login required)

    View Item