EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN GROUP INVESTIGATION BERBASIS ASSESSMENT FOR LEARNING DITINJAU DARI KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA SMP NEGERI KELAS VII DI KOTA SALATIGA

UTAMI, ALIKSIA KRISTIANA DWI (2017) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN GROUP INVESTIGATION BERBASIS ASSESSMENT FOR LEARNING DITINJAU DARI KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA SMP NEGERI KELAS VII DI KOTA SALATIGA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (786Kb)
    [img] PDF - Published Version
    Download (95Kb)

      Abstract

      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik, model pembelajaran DL-AfL teman sejawat, GI-AfL teman sejawat atau model pembelajaran langsung-AfL teman sejawat, (2) manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik, siswa dengan kecerdasan interpersonal tinggi, sedang atau rendah, (3) pada masing-masing model pembelajaran, manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik, siswa dengan kecerdasan interpersonal tinggi, sedang atau rendah, (4) pada masing-masing kategori kecerdasan interpersonal, manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik, model pembelajaran DL-AfL teman sejawat, GI-AfL teman sejawat atau pembelajaran langsung-AfL teman sejawat. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 3×3. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri se-Kota Salatiga. Sampel penelitian ini diperoleh dengan cara Stratified Cluster Random Sampling. Banyak sampel untuk kelompok eksperimen 1 sebanyak 82 siswa, kelompok eksperimen 2 sebanyak 81 siswa dan kelompok eksperimen 3 sebanyak 82 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, angket kecerdasan interpersonal siswa, dan tes prestasi belajar matematika materi segi empat dan segitiga. Analisis data dengan mengggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama dan dilanjutkan uji komparasi ganda dengan menggunakan metode Scheffe. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan: (1) model pembelajaran DL-AfL teman sejawat menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada GI-AfL teman sejawat dan langsung-AfL teman sejawat, serta model pembelajaran GI-AfL teman sejawat menghasilkan prestasi belajar matematika yang sama baiknya dengan pembelajaran langsung-AfL teman sejawat, (2) siswa kecerdasan interpersonal tinggi menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa kecerdasan interpersonal sedang dan rendah, sedangkan siswa kecerdasan interpersonal sedang menghasilkan prestasi belajar yang sama baiknya siswa kecerdasan interpersonal rendah, (3) pada masing-masing model pembelajaran, siswa kecerdasan interpersonal tinggi menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa kecerdasan interpersonal sedang dan rendah, sedangkan siswa kecerdasan interpersonal sedang menghasilkan prestasi belajar yang sama baiknya siswa kecerdasan interpersonal rendah, (4) pada masing-masing kategori kecerdasan interpersonal, model pembelajaran DL-AfL teman sejawat menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada GI-AfL teman sejawat dan langsung-AfL teman sejawat, serta model pembelajaran GI-AfL teman sejawat menghasilkan prestasi belajar matematika yang sama baiknya dengan pembelajaran langsung-AfL teman sejawat

      Item Type: Thesis (Masters)
      Subjects: Q Science > QA Mathematics
      Divisions: Pascasarjana
      Pascasarjana > Magister
      Pascasarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
      Depositing User: rifqi imaduddin
      Date Deposited: 24 Oct 2017 17:05
      Last Modified: 24 Oct 2017 17:05
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35482

      Actions (login required)

      View Item