STRATEGI PEMASARAN BAKSO DAGING DI PT KEPURUN PAWANA INDONESIA KABUPATEN KLATEN

Khoiruddin, Muhammad Hanif (2011) STRATEGI PEMASARAN BAKSO DAGING DI PT KEPURUN PAWANA INDONESIA KABUPATEN KLATEN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (929Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman, merumuskan alternatif strategi dan menentukan prioritas strategi yang dapat diterapkan dalam pemasaran bakso daging di PT Kepurun Pawana Indonesia Kabupaten Klaten. Metode dasar penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode penentuan lokasi penelitian dilakukan secara purposive (sengaja). Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis data menggunakan metode Matrik EFE, Matrik IFE, Matrik IE, Matrik SWOT, dan Matrik QSP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor strategis internal dan eksternal dalam usaha pemasaran bakso daging di PT. Kepurun Pawana Indonesia adalah sebagai berikut, kekuatan: pengalaman produksi perusahaan, memiliki mesin pengolah bakso daging, kontinuitas produksi terjamin, kemasan yang higienis dan cukup menarik, daya simpan produk bakso daging yang tahan lama, dan target pasar untuk semua golongan usia. Kelemahan: tenaga pemasaran yang masih kurang, promosi belum maksimal, sarana transportasi kurang, dan jangkauan pemasaran belum optimal. Peluang: kontinuitas bahan baku terjamin, adanya kepercayaan konsumen, konsumen dari pelatihan yang diadakan perusahaan, pedagang pengecer membantu memperluas pasar, adanya pameran yang diadakan pemerintah, dan kondisi ekonomi yang stabil. Ancaman: semakin banyak produk bakso tanpa merk di pasaran, dan merek produk pesaing yang sudah terkenal. Alternatif strategi pemasaran yang diperoleh antara lain peningkatan efisiensi pemakaian mesin untuk memaksimalkan volume produksi, pembukaan cabang dan jaringan distribusi untuk memperluas jangkauan pemasaran, mempertahankan harga dan meningkatkan kualitas produk, pemanfaatan media internet untuk promosi dan menjalin interaksi dengan konsumen, penjajakan daerah pemasaran baru yang memiliki potensi terhadap peningkatan penjualan produk, perekrutan tenaga pemasaran dan menambah sarana transportasi untuk menghadapi pesaing dan memperluas pasar, serta pengenalan produk ke masyarakat dengan lebih aktif mengikuti pameran. Prioritas strategi yang dapat diterapkan dalam pemasaran bakso daging di PT Kepurun Pawana Indonesia Kabupaten Klaten adalah pembukaan cabang dan jaringan distribusi untuk memperluas jangkauan pemasaran.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
    Depositing User: Users 832 not found.
    Date Deposited: 14 Jul 2013 03:01
    Last Modified: 14 Jul 2013 03:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/3547

    Actions (login required)

    View Item