OPTIMASI FORMULA SEDIAAN SNEDDS (SELF-NANOEMULSIFYING DRUG DELIVERY SYSTEM) DARI EKSTRAK KLOROFORM DAUN DUWET (Syzygium cumini (L.) Skeels )

AWINDA, ULFA NUR (2017) OPTIMASI FORMULA SEDIAAN SNEDDS (SELF-NANOEMULSIFYING DRUG DELIVERY SYSTEM) DARI EKSTRAK KLOROFORM DAUN DUWET (Syzygium cumini (L.) Skeels ). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (949Kb)

    Abstract

    OPTIMASI FORMULA SEDIAAN SNEDDS (SELF-NANOEMULSIFYING DRUG DELIVERY SYSTEM) DARI EKSTRAK KLOROFORM DAUN DUWET (Syzygium cumini (L.) Skeels ) Ulfa Nur Awinda Jurusan D3 Farmasi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sebelas Maret INTISARI Daun duwet banyak digunakan oleh masyarakat untuk pengobatan tradisional karena berkhasiat sebagai obat. Akan tetapi, ekstrak daun duwet memiliki kelarutan rendah sehingga berakibat pada bioavailabilitas oral. Untuk mengatasinya maka dibuat dalam bentuk Self-Nanoemulsifying Drug Delivery System (SNEDDS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil sediaan SNEDDS yang memenuhi kriteria sebagai sediaan nanoemulsi dilihat dari hasil campuran minyak kemiri, tween 80, PEG 400 dan ekstrak kloroform daun duwet (Syzygium cumini (L.) Skeels). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimental yang dilakukan dengan mengekstraksi daun duwet menggunakan metode maserasi dengan pelarut kloroform. Optimasi sediaan SNEDDS dilakukan dengan metode Simplex Lattice Design dengan bantuan software Design Expert. Hasil optimasi diuji karakteristiknya meliputi kejernihan, waktu emulsifikasi, dan stabilitas untuk selanjutnya ditentukan formula SNEDDS yang optimum. Formula optimum yang dihasilkan dibandingkan dengan formula hasil prediksi Simplex Lattice Design dan dianalisa menggunakan one sample t-test dengan software SPSS. Setelah itu, dilakukan drug loading serta pengamatan terhadap ukuran dan distribusi ukuran tetesan dari formula SNEDDS ekstrak kloroform daun duwet. Hasil penelitian menunjukan bahwa campuran 14,3% minyak kemiri, 83,3% tween 80, dan 16,7% PEG 400 serta ekstrak kloroform daun duwet sebesar 100 mg menghasilkan sediaan SNEDDS yang memenuhi kriteria sebagai sediaan nanoemulsi dengan nilai transmitan sebesar 88,7±0,5%T, waktu emulsifikasi dalam media akuades 30,3±4,5 detik dan media AGF 11,7±1,5 detik serta membentuk nanoemulsi dalam air dengan ukuran partikel sebesar 17 nm (PI= 0,329). Keywords: SNEDDS, Ekstrak kloroform daun duwet, Minyak kemiri

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > D3 - Farmasi
    Depositing User: Noviana Eka
    Date Deposited: 23 Oct 2017 15:39
    Last Modified: 23 Oct 2017 15:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35467

    Actions (login required)

    View Item