PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR TEKNIK PEMESINAN BUBUT MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS X TEKNIK PEMESINAN SMK BHINNEKA KARYA SURAKARTA TAHUN 2016/2017

Syukriyadi, Syukriadi (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR TEKNIK PEMESINAN BUBUT MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS X TEKNIK PEMESINAN SMK BHINNEKA KARYA SURAKARTA TAHUN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (820Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Syukriadi. K2513103. PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR TEKNIK PEMESINAN BUBUT MELALUI PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS X TEKNIK PERMESINAN SMK BHINNEKA KARYA SURAKARTA TAHUN 2016/2017. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran teknik pemesinan pada siswa kelas X teknik pemesinan C SMK Bhinneka Karya Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan penerapan metode pembelajaran demonstrasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa X TMC SMK Bhinneka Karya Surakarta. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan melalui 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Proses penelitian terdiri dari 4 langkah yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan), 3) observasi, dan 4) refleksi. Jenis data yang diambil dalam penelitian ini antara lain keterampilan berfikir kritis dan hasil belajar siswa melalui tes, dan teknik non tes yaitu mengamati aktivitas siswa selama proses pembelajaran melalui lembar observasi yang sudah disediakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa meningkat dari setiap siklusnya, terbukti dari hasil observasi keterampilan berpikir kritis siswa yang awalnya pada pra siklus persentase yang didapat sebesar 33,48%, kemudian pada siklus 1 meningkat menjadi 64,55%, selanjutnya meningkat lagi menjadi 75,86%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningakatan, dari persentase awalnya sebesar 41,38%, kemudian pada siklus 1 54,20%dan pada siklus 2 meningkat menjadi 82,75%. Ini berarti rata-rata tersebut juga sudah mecapai indikator keberhasilan.Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknik pemesinan kelas X TMC SMK Bhinneka Karya Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Kata kunci: Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Metode Demontrasi, Penelitian Tindakan Kelas, Teknik Pemesinan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Noviana Eka
    Date Deposited: 23 Oct 2017 15:23
    Last Modified: 23 Oct 2017 15:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35461

    Actions (login required)

    View Item