Konsep Cara Produksi Pangan yang Baik (CPPB) Pada Pembuatan Rambak Kulit Sapi di UKM "Shodiq" Desa Kragilan, Mojolaban, Sukoharjo

Kurniaditya, Viki Hendi (2017) Konsep Cara Produksi Pangan yang Baik (CPPB) Pada Pembuatan Rambak Kulit Sapi di UKM "Shodiq" Desa Kragilan, Mojolaban, Sukoharjo. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (514Kb)
    [img] PDF - Published Version
    Download (197Kb)

      Abstract

      Rambak adalah salah satu jenis kerupuk yang terbuat dari kulit. Rambak kulit sapi merupakan makanan ringan yang dibuat dari irisan tipis kulit sapi yang digoreng dengan diberi bumbu tertentu atau hanya garam. Praktik Quality Control di UKM “Shodiq” dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui proses pembuatan rambak kulit sapi, mengevaluasi dan merancang Konsep Cara Produksi Pangan Yang Baik (CPPB) pada bahan baku, proses produksi, hingga produk akhir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, pengambilan sampel, pengujian, dan studi pustaka. Masing-masing tahapan dalam proses produksi rambak kulit sapi selalu diperhatikan supaya dihasilkan rambak kulit sapi yang berkualitas. Hasil analisis menunjukkan bahwa bahan kulit sapi, air, bawang putih, garam, penyedap rasa, dan minyak goreng sudah cukup baik dalam penanganannya, namun penanganan bahan baik pada bahan baku ataupun tambahan harus tetap diawasi lagi. Sedangkan untuk pengendalian mutu proses produksi harus diperhatikan pada waktu proses persiapan bahan, perendaman kulit dalam air hangat, pembersihan bulu dan pencucian kulit, perebusan, pemotongan, penjemuran, pengungkepan, penirisan, penggorengan, penirisan dan pendinginan, pengemasan serta kebersihan alat dan ruang produksi supaya kualitas rambak kulit sapi bagus. Dilakukan analisis pengujian produk akhir dengan jenis uji keutuhan sebesar 99,23 %, kadar air sebesar 5,16 %, kadar abu sebesar 1,74 %, asam lemak bebas (FFA) sebesar 1,08 %, dan angka lempeng total (ALT) sebesar 1,2x104 koloni/g, akan tetapi analisis uji yang tidak sesuai dengan SNI yaitu kadar abu dan asam lemak bebas. Konsep Cara Produksi Pangan Yang Baik (CPPB) pada proses pembuatan rambak kulit sapi dilakukan dengan menggunakan dasar BPOM RI Nomor HK.03.1.23.12.2206 tahun 2012 tentang Cara Produksi Pangan Yang Baik. Pembuatan konsep CPPB dibutuhkan untuk menjamin mutu dan keamanan produk rambak kulit sapi di UKM “Shodiq” sehingga dapat memenuhi syarat SNI 01-4308-1996.

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
      S Agriculture > SB Plant culture
      Divisions: Fakultas Pertanian
      Fakultas Pertanian > D3 - Teknologi Hasil Pertanian
      Depositing User: rifqi imaduddin
      Date Deposited: 23 Oct 2017 15:19
      Last Modified: 23 Oct 2017 15:19
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35460

      Actions (login required)

      View Item