Evaluasi Kinerja Account Officer (AO) Untuk Menurunkan Non Performing Loan (NPL) Di PD. BPR Bank Karanganyar

WARDANI, SUSI (2017) Evaluasi Kinerja Account Officer (AO) Untuk Menurunkan Non Performing Loan (NPL) Di PD. BPR Bank Karanganyar. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (197Kb)

    Abstract

    ABSTRAK EVALUASI KINERJA ACCOUNT OFFICER (AO) UNTUK MENURUNKAN NON PERFORMING LOAN (NPL) DI PD. BPR BANK KARANGANYAR Susi Wardani NIM. F3614097 Penulisan Tugas Akhir ini dilatar belakangi oleh tingginya tingkat Non Performing Loan (NPL) di PD. BPR Bank Karanganyar dari tahun 2014-2016 yaitu 11.91%, 8.04%, dan 5.45% yang berkaitan langsung dengan kinerja Account Officer (AO) sedangkan, batas sempurna Non Performing Loan (NPL) yang ditetapkan Bank Indonesia adalah 5%. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kinerja Account Officer (AO) di PD. BPR Bank Karanganyar berdasarkan Standar Operasional Prosedur (SOP) pemberian kredit; (2) untuk mengetahui upaya yang dilakukan Account Officer (AO) untuk menurunkan Non Performing Loan (NPL) di PD. BPR Bank Karanganyar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dimana sistematika penulisan berdasarkan data deskriptif yang disusun secara sistematis mulai dari mengumpulkan data hingga menafsirkan data serta melaporkan hasil penelitian. Penulis mengumpulkan data secara langsung melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka/dokumen pada objek penelitian di PD. BPR Bank Karanganyar selama magang kerja. Penulis memperoleh informasi serta data laporan keuangan dan data laporan rekapitulasi rekening nasabah dari karyawan PD. BPR Bank Karanganyar. Selain itu, penulis menggunakan referensi dari berbagai sumber yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kinerja Account Officer (AO) sudah sistematis dan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) pemberian kredit namun, masih mengalami kendala yaitu kurang optimalnya ketrampilan sebagian Account Officer (AO) kredit; (2) upaya yang dilakukan Account Officer (AO) untuk menurunkan Non Performing Loan (NPL) yaitu dengan tindakan preventif berupa analisis 5C dengan obyektif dan cermat serta upaya rescheduling mampu menurunkan Non Performing Loan (NPL) menjadi 5.45%. Account Officer (AO) bagian kredit sebaiknya meningkatkan kemampuan dan ketrampilan analisis untuk memaksimalkan kinerja sehingga akan berdampak pada tingkat Non Performing Loan (NPL) PD. BPR Bank Karanganyar. Kata kunci : Account Officer (AO), Non Performing Loan (NPL), PD. BPR Bank Karanganyar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Fakultas Ekonomi dan Bisnis > D3 - Keuangan Perbankan
    Depositing User: Noviana Eka
    Date Deposited: 23 Oct 2017 15:18
    Last Modified: 23 Oct 2017 15:18
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35459

    Actions (login required)

    View Item