UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE TUTOR SEBAYA PADA PEMBELAJARAN PRAKTIK PENGELASAN LAS LISTRIK DASAR KELAS X C JURUSAN PERMESINAN SMK WARGA SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

Yawan, Rudi D. (2017) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE TUTOR SEBAYA PADA PEMBELAJARAN PRAKTIK PENGELASAN LAS LISTRIK DASAR KELAS X C JURUSAN PERMESINAN SMK WARGA SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (96Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Rudi d. Yawan. K2513098. UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DAN HASIL BELAJAR PRAKTIK SISWA MELALUI METODE TUTOR SEBAYA PADA PEMBELAJARAN PRAKTIK PENGELASAN DASAR KELAS X C JURUSAN PERMESINAN SMK WARGA SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Juni 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar praktik Pengelasan las listrik dasar, tentang materi teknik pengelasan las listrik dasar melalui metode tutor sebaya, pada kelas X C Permesinan SMK Warga Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, test, dokumentasi, dan wawancara. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Indikator kinerja yang ditetapkan yaitu pada akhir siklus siswa mencapai KKM (nilai 75) 80% dari jumlah siswa kelas X C permesinan. Teknis analisis data menggunakan metode tutor sebaya yaitu analisis deskriptif komparatis dan kritis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran praktik pengelasan dasar kelas X C Permesinan SMK Warga Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Hal ini ditunjukan dari dua varibel yang diteliti yaitu dengan hasil penilaian kreativitas dan hasil belajar siswa pada kondisi awal, nilai tertinggi untuk penilaian kreativitas siswa nilai tertinggi 89 dan terendah 60, dan untuk hasil belajar siswa nilai tertinggi 93 dan terendah 53, siswa yang mencapai KKM untuk penilaian kreativitas sebanyak 18 siswa (47.37%) dan untuk nilai hasil belajar 15 siswa (39.47%) dengan rerata sebesar untuk penilain kreativitas 74.43% dan hasil belajar 76.36%. Pada siklus I penilaian kreativitas siswa yaitu nilai tertinggi 89 dan terendah 66 dan untuk hasil belajar siswa nilai tertinggi 93 dan terendah 60, siswa yang mencapai KKM untuk penilain kreativitas sebanyak 27 siswa (71.05%) dan hasil belajar 25 siswa (65.79%) dengan rerata penilaian kreativitas 78.61% dan hasil belajar 79.45%. Pada siklus II penilaian kreativitas siswa yang tertinggi 93 dan terendah 70 dan untuk hasil belajar siswa nilai tertinggi 93 dan terendah 66, siswa yang mencapai KKM untuk penilain kreativitas sebanyak 34 siswa (89.47%) dan hasil belajar 34 siswa (89.47%) dengan rerata penilaian kreativitas 81.76% dan hasil belajar 79,45%. Kata Kunci: Kreativitas Dan Hasil Belajar Praktik Pengelasan, Metode Tutor Sebaya

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Noviana Eka
    Date Deposited: 23 Oct 2017 14:23
    Last Modified: 23 Oct 2017 14:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35445

    Actions (login required)

    View Item