PENGARUH PENGKONDISIAN ZONA ALFA MELALUI FUN STORY TERHADAP PENINGKATAN KOMUNIKASI VERBAL PADA MATA PELAJARAN BINA DIRI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS V SLB MUHAMMADIYAH PURWOREJO TAHUN 2015

Hayati, Setyo Nurrachma (2017) PENGARUH PENGKONDISIAN ZONA ALFA MELALUI FUN STORY TERHADAP PENINGKATAN KOMUNIKASI VERBAL PADA MATA PELAJARAN BINA DIRI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS V SLB MUHAMMADIYAH PURWOREJO TAHUN 2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (639Kb)
    [img] PDF - Published Version
    Download (87Kb)

      Abstract

      ABSTRAK Setyo Nurrachma Hayati. K5111053. “PENGARUH PENGKONDISIAN ZONA ALFA MELALUI FUN STORY TERHADAP PENINGKATAN KOMUNIKASI VERBAL PADA MATA PELAJARAN BINA DIRI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS V SLB MUHAMMADIYAH PURWOREJO TAHUN 2015”. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengkondisian zona alfa melalui fun story untuk meningkatkan komunikasi verbal pada mata pelajaran bina diri anak tunagrahita ringan kelas V SLB Muhammadiyah Purworejo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dalam bentuk Single Subyek Research (SSR) dengan desain A-B-A-B. Penelitian dilaksanakan dalam empat fase yaitu fase Baseline 1, fase Intervensi 1, fase Baseline 2, dan fase Intervensi 2, dengan tiap fase terdiri dari dua sesi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SLB Muhammadiyah Purworejo yang berjumlah 3 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang berbentuk lisan, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis dalam kondisi. Dari hasil analisis dapat diperoleh nilai rata-rata subyek NM 41.75, subyek DVR 41.75, dan subyek AS 37.9 pada baseline 1 tanpa adanya tindakan, kemudian setelah diberi intervensi 1 berupa pengkondisian zona alfa melalui fun story nilai rata-rata meningkat untuk subyek NM menjadi 70.85, subyek DVR 70.85, dan subyek AS 62.5. Pada baseline 2 tanpa adanya tindakan memperoleh nilai rata-rata subyek NM 54.15, subyek DVR 47.9, dan subyek AS 45.8, kemudian setelah diberi intervensi 2 nilai rata-rata meningkat untuk subyek NM 79.15, DVR 70.8, dan subyek AS 66.6. Simpulan penelitian ini bahwa pengkondisian zona alfa melalui fun story berpengaruh untuk meningkatkan komunikasi verbal anak tunagrahita kelas V SLB Muhammadiyah Purworejo Tahun 2015. Kata kunci: tunagrahita, zona alfa, fun story, komunikasi verbal

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
      L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
      Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
      Depositing User: rifqi imaduddin
      Date Deposited: 23 Oct 2017 10:42
      Last Modified: 23 Oct 2017 10:42
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35427

      Actions (login required)

      View Item