ANALISIS STRUKTURAL DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER CERPEN PILIHAN KOMPAS 2014 DENGAN JUDUL DI TUBUH TARRA, DALAM RAHIM POHON SERTA RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

Baskoro, Gulit Adi (2017) ANALISIS STRUKTURAL DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER CERPEN PILIHAN KOMPAS 2014 DENGAN JUDUL DI TUBUH TARRA, DALAM RAHIM POHON SERTA RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (723Kb)
    [img] PDF - Published Version
    Download (176Kb)

      Abstract

      ABSTRAK Gulit Adi Baskoro, K1211026. ANALISIS STRUKTURAL DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER CERPEN PILIHAN KOMPAS 2014 DENGAN JUDUL DI TUBUH TARRA, DALAM RAHIM POHON SERTA RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, 11 April 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur (1) tema; (2) plot; (3) perwatakan; (4) setting pada Kumpulan Cerpen Di Tubuh Tarra, dalam Rahim Pohon; (5) nilai pendidikan pada Kumpulan Cerpen Di Tubuh Tarra, dalam Rahim Pohon; dan (6) relevansi dengan pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan struktural. Sumber data adalah Kumpulan Cerpen Di Tubuh Tarra, dalam Rahim Pohon yang merupakan Kumpulan Cerpen Kompas 2014. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik analisis dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi teori. Hasil temuan penelitian dengan kajian struktural menunjukkan adanya (1) Cerpen Di Tubuh Tarra, dalam Rahim Pohon: (a) tema sosial-budaya, (b) alur campuran, (c) latar tempat; passiliran, latar waktu; pagi dan malam hari, latar suasana; menegangkan, (d) tokoh Runduma, Lola, Ambe, Indo, Indo (pohon tarra), kakek Runduma, (e) sudut pandang orang pertama. (2) Cerpen Matinya Seorag Demonstran: (a) tema perjuangan, (b) alur mundur, (c) latar tempat; auditorium, rumah Ratih, bundaran kampus, depan kampus, kontrakan, kamar kos Eka, gang-gang, dan jalan Munarman, latar waktu; pagi, siang dan malam hari, latar suasana; bercanda, sedih, dan menegangkan, (d) tokoh: Ratih, Eka, dan Arman (Munarman), (e) sudut pandang: orang ketiga serba tahu. (3) Cerpen Beras Genggam: (a) tema sosial budaya, (b) alur campuran, (c) latar tempat; Bukik Coro, Lubuk Lekok, pinggir Tangari, Lubuk Tingkek, latar waktu; siang dan malam hari, latar suasana; menengangkan, (d) tokoh: Kramat Ako, Nyik Jamain, Wak Janewo, (e) sudut pandang orang kedua. (4) Cerpen Protes (a) tema kritik sosial, (b) alur campuran, (c) latar tempat; rumah Baron, rumah Amat, kamar tidur, latar waktu; malam hari, latar suasana; menegangkan, (d) tokoh Baron, Bu Amat, dan Pak Amat, (e) sudut pandang orang ketiga serba tahu. (5) Cerpen Tenggat Waktu: (a) tema: kelurga, (b) alur: maju, (c) latar tempat: kafe dalam mall dan kamar tidur, latar waktu; malam hari, latar suasana; sedih, (d) tokoh: Nayla dan Ayah Nayla, (e) sudut pandang: orang ketiga. (6) Nilai pendidikan karakter terdapat pada masing-masing cerpen. Penggunaan metode pengkajian karya sastra melalui struktural diharapkan mampu meningkatkan minat siswa dalam memperdalam dan mengapresiasi karya sastra penulis tanah air. Selain itu, kajian struktural ini dapat menjadikan pembelajaran sastra di SMA lebih efektif dan efisien. Kata kunci: struktural, cerita pendek, nilai pendidikan, pembelajaran sastra.

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
      P Language and Literature > P Philology. Linguistics
      Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
      Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
      Depositing User: rifqi imaduddin
      Date Deposited: 23 Oct 2017 10:06
      Last Modified: 23 Oct 2017 10:06
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35425

      Actions (login required)

      View Item