PERMOHONAN KASASI PENUNTUT UMUM KARENA PENGABAIAN ALAT BUKTI SURAT DAN PETUNJUK SERTA PERTIMBANGAN HAKIM MEMUTUS TINDAK PIDANA PEMBAKARAN LAHAN (STUDI PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 2372 K/Pid.Sus/2015)

HAMMAM, MUHAMMAD (2017) PERMOHONAN KASASI PENUNTUT UMUM KARENA PENGABAIAN ALAT BUKTI SURAT DAN PETUNJUK SERTA PERTIMBANGAN HAKIM MEMUTUS TINDAK PIDANA PEMBAKARAN LAHAN (STUDI PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 2372 K/Pid.Sus/2015). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1066Kb)
    [img] PDF - Published Version
    Download (1066Kb)

      Abstract

      Muhammad Hammam. E0013281. 2017.PERMOHONAN KASASI PENUNTUT UMUM KARENA PENGABAIAN ALAT BUKTI SURAT DAN PETUNJUK SERTA PERTIMBANGAN HAKIM MEMUTUS TINDAK PIDANA PEMBAKARAN LAHAN (STUDI PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 2372 K/PID.SUS/2015). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini mengkaji permasalahan mengenai apakah permohonan Kasasi Penuntut Umum karena Judex Facti mengabaikan alat bukti surat dan petunjuk dalam perkara pembakaran lahan telah sesuai Pasal 253 KUHAP dan pertimbangan Hakim Agung memutus mengabulkan Kasasi dan menjatuhkan pidana sesuai tuntutan Penuntut Umum telah sesuai Pasal 256 KUHAP. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif yang bersifat preskriptif dan terapan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kasus. Jenis dan sumber bahan hukum adalah bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Teknik analisis bahan hukum dengan metode deduktif silogisme yang menghubungkan premis mayor yang merupakanaturanhukum dan premis minor yang merupakanfaktahukum yang kemudianselanjutnya ditarik konklusi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan hukum yang tidak sebagaimana mestinya dan diabaikannya hukum pembuktian oleh Pengadilan Negeriyaitu pengabaian alat bukti surat dan petunjuk yang terungkap di persidangan sebagai alasan Kasasi Penuntut Umum telah sesuai dengan Pasal 253 KUHAP. Dan pertimbangan Mahkamah Agung dalam mengabulkan permohonan Kasasi dan menjatuhkan pidana kepada Para Terdakwa pelaku pembakaran lahan telah sesuai Pasal 256 KUHAP, Putusan Pengadilan Negeri telah dibatalkan dan mengadili sendiri dengan menyatakan bahwa Para Terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana pembakaran lahan.

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: K Law > K Law (General)
      Divisions: Fakultas Hukum
      Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
      Depositing User: faizah sarah yasarah
      Date Deposited: 23 Oct 2017 09:29
      Last Modified: 23 Oct 2017 09:29
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35423

      Actions (login required)

      View Item