ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK, DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PRODUK SERABI DI KOTA SURAKARTA (STUDI KASUS PADA KONSUMEN SRABI NOTOSUMAN)

Wahyuni, Ira Putri (2017) ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK, DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PRODUK SERABI DI KOTA SURAKARTA (STUDI KASUS PADA KONSUMEN SRABI NOTOSUMAN). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (432Kb)
    [img] PDF - Published Version
    Download (122Kb)

      Abstract

      ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK, DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PRODUK SERABI DI KOTA SURAKARTA (STUDI KASUS PADA KONSUMEN SRABI NOTOSUMAN) Ira Putri Wahyuni1, Joko Sutrisno2, Ernoiz Antriyandarti3 Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret Surakarta iraputri764@gmail.com ABSTRAK Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel citra merek, kualitas produk, harga terhadap kepuasan konsumen produk serabi di Kota Surakarta (studi kasus pada konsumen Srabi Notosuman). Metode dasar dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis dengan teknik survei. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara purposive, yaitu di Toko Srabi Notosuman yang terletak di Kota Surakarta. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling, dimana peneliti menentukan sampel berdasarkan faktor spontanitas. Jumlah sampel yang diambil adalah 100 orang responden dari konsumen yang sedang dan pernah melakukan pembelian produk serabi di Srabi Notosuman. Pengumpulan data menggunakan kuisioner. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan data yang berasal dari pendapat responden terhadap 3 variabel produk serabi yang diamati ditambahkan dengan dua variabel karakteristik konsumen berupa usia dan tingkat pendapatan. Berdasarkan hasil uji F yang menunjukkan bahwa nilai probabilitas signifikansi data adalah 0,000 < 0,05, hal tersebut berarti menunjukkan bahwa variabel-variabel independen berupa citra merek, kualitas produk, harga, usia dan tingkat pendapatan berpengaruh secara simultan terhadap variabel dependen berupa kepuasan konsumen. Nilai koefisien determinasi (R Square) data penelitian adalah sebesar 0,578 atau 57,8%, maka sebesar 57,8% variasi variabel dependen (Y) dapat dijelaskan oleh lima variabel independen berupa citra merek, kualitas produk, harga, usia dan tingkat pendapatan. Sedangkan hasil uji t menunjukkan bahwa nilai signifikansi dari kelima variabel bebas adalah kurang dari 0,05, sehingga dapat dikatakan bahwa kelima variabel bebas tersebut mempengaruhi kepuasan konsumen secara individu atau parsial. Variabel harga merupakan variabel bebas yang paling mempengaruhi kepuasan konsumen. Berdasarkan analisis regresi linier berganda, didapatkan model persamaan regresi sebagai berikut : Y = 1,730 + 0,443 X1 + 0,347 X2 + 0,585 X3 – 3,237 X4 – 0,649 X5 + e. Kata Kunci: Analisis Regresi Linier Berganda, Citra Merek, Harga, Kepuasan Konsumen, Kualitas Produk, Srabi Notosuman Keterangan: 1. Mahasiswa Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta 2. Dosen Pembimbing Utama 3. Dosen Pembimbing Pendamping

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
      Divisions: Fakultas Pertanian
      Fakultas Pertanian > Agribisnis
      Depositing User: faizah sarah yasarah
      Date Deposited: 22 Oct 2017 22:27
      Last Modified: 22 Oct 2017 22:27
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35409

      Actions (login required)

      View Item