PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PENDIDIKAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH ( Studi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Karanganyar, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2009 / 2010 )

DWI NUGROHO, FUADI (2010) PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PENDIDIKAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH ( Studi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Karanganyar, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2009 / 2010 ). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (494Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Perbedaan minat belajar sejarah antara siswa yang penggunaan media pendidikannya tinggi dan yang rendah, (2) Perbedaan minat belajar sejarah antara siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi dan yang rendah, (3) Interaksi antara pemanfaatan media pendidikan dan kemandirian belajar dalam mempengaruhi minat belajar sejarah . Jenis penelitian ini adalah penelitian Ex Post facto. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif komparasional. Populasi penelitian ini adalah Siswa Kelas VIII Semester Gasal SMP Negeri 4 Karanganyar Tahun Pelajaran 2009/2010. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 80 siswa yang diambil dari dua kelas VIII yang masing-masing kelas terdiri dari 40 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi, variabel penggunaan media pendidikan dengan menggunakan Interview. Sedangkan variabel kemandirian belajar dan minat belajar menggunakan kuesioner. Untuk mengetahui ketepatan dan kesahihan instrumen dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Uji validitas menggunakan rumus teknik korelasi product moment dari Pearson dan untuk uji reliabilitasnya menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Anava 2.2 dengan terlebih dahulu diadakan uji persyaratan yang terdiri dari uji normalitas dan homogenitas. Hasil uji hipotesis penelitian menunjukkan : (1) Terdapat perbedaan yang berarti pada minat belajar sejarah antara siswa yang penggunaan media pendidikannya tinggi dan yang rendah. Hal tersebut dapat dibuktikan dari harga Fhitung = 4,6244> Ftabel = 3,95 pada taraf signifikansi 5%. Pemanfaatan media pendidikan berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Siswa yang penggunaan media pendidikannya tinggi minat belajarnya tinggi sedang yang penggunaan media pendidikannya rendah minat belajar sejarahnya rendah ; (2) Terdapat perbedaan yang berarti pada minat belajar sejarah antara siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi dan yang rendah. Hal tersebut dapat dibuktikan dari harga Fhitung = 6,635 > Ftabel = 3,95 pada taraf signifikansi 5%. Kemandirian belajar siswa berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Siswa yang meniliki kemandirian tinggi minat belajarnya juga tinggi dan siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah minat belajarnya juga rendah ; (3) Terdapat interaksi antara penggunaan media pendidikan dengan kemandirian belajar dalam mempengaruhi minat belajar sejarah. Hal tersebut dapat dibuktikan dari harga Fhitung = 28,953 > Ftabel = 3,95 pada taraf signifikansi 5%.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
    Depositing User: Budhi Kusumawardana Julio
    Date Deposited: 14 Jul 2013 02:37
    Last Modified: 14 Jul 2013 02:37
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/3540

    Actions (login required)

    View Item