Peningkatan Keterampilan Bereksperimen melalui Penerapan Model Pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) dalam Pembelajaran IPA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SD Negeri Bumi II Kecamatan Laweyan Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018)

Candra, Linda Pradina (2018) Peningkatan Keterampilan Bereksperimen melalui Penerapan Model Pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) dalam Pembelajaran IPA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SD Negeri Bumi II Kecamatan Laweyan Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1566Kb)

    Abstract

    Linda Pradina Candra. K7114100. PENINGKATAN KETERAMPILAN BEREKSPERIMEN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN (POE) DALAM PEMBELAJARAN IPA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SD Negeri Bumi II Kecamatan Laweyan Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018). Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan bereksperimen siswa kelas IV melalui penerapan model pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SD N Bumi II Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD N Bumi II No. 205 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 12 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai empat buah komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji validitas data menggunakan validitas isi dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan jumlah siswa yang termasuk dalam kategori terampil. Saat pratindakan jumlah siswa dalam kategori terampil adalah 0 siswa, pada siklus I pertemuan 1 siswa yang masuk dalam kategori terampil adalah 2 siswa atau 16,67%, siklus I pertemuan 2 siswa yang masuk kategori terampil adalah 4 siswa atau 33,33%. Siklus II pertemuan 1 siswa yang masuk dalam kategori terampil sebanyak 4 siswa atau 33,33%, pada siklus II pertemuan 2 sebanyak 9 siswa atau 75%. Siklus III pertemuan 1 mencatat jumlah siswa yang masuk kategori terampil sebanyak 10 siswa atau 83,33%, dan pada siklus III pertemuan 2 jumlah siswa yang masuk dalam kategori terampil sebanyak 11 siswa atau 91,67%. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE)dapat meningkatkan keterampilan bereksperimen siswa kelas IV SD N Bumi II Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Kata Kunci: keterampilan bereksperimen, Predict-Observe-Explain, POE, Keterampilan proses sains

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 22 Oct 2017 20:57
    Last Modified: 16 Oct 2018 19:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35387

    Actions (login required)

    View Item