Konsep Cara Produksi Pangan yang Baik (CPPB) pada Pembuatan Nopia di Usaha Kecil Menengah (UKM) Nopia "Pak Narwan" Banyumas Jawa Tengah

A, DALILI GHAISANI (2017) Konsep Cara Produksi Pangan yang Baik (CPPB) pada Pembuatan Nopia di Usaha Kecil Menengah (UKM) Nopia "Pak Narwan" Banyumas Jawa Tengah. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (543Kb)
    [img] PDF - Published Version
    Download (159Kb)

      Abstract

      Nopia merupakan makanan khas dari Banyumas, Jawa Tengah yang terbuat dari adonan tepung terigu yang diisi dengan adonan gula jawa serta dipanggang dalam gentong khusus yang terbuat dari tanah liat dan menggunakan kayu bakar sebagai sumber panas. Kulit nopia yang sudah diisi dengan adonan gula jawa kemudian dibentuk seperti telur dan dipipihkan, kemudian dimasak dengan cara ditempelkan pada dinding gentong yang berfungsi sebagai tempat pemanggang layaknya oven. Nopia memiliki tekstur kulit yang keras dan renyah. Masalah yang terjadi pada pengembangan UKM Nopia “Pak Narwan” adalah cara produksi pangan yang baik yang sepenuhnya belum terpenuhi. Tujuan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui tahapan proses pembuatan nopia, evaluasi CPPB dan konsep CPPB yang bisa diterapkan di UKM Nopia “Pak Narwan”. Metode yang dilakukan adalah observasi, wawancara, pengambilan sampel, pengujian, studi pustaka, dan dokumentasi. Proses pembuatan nopia meliputi pencampuran dan pengulenan, pendiaman adonan, pengolesan dengan minyak goreng, pemotongan adonan, pengisian dan pemipihan adonan, pemasakan adonan, dan pengemasan. Berdasarkan analisa uji pada produk yang baru diproduksi didapatkan keadaan nopia dengan parameter bau, rasa, dan aroma normal, kadar air 4,5004%, kadar abu 1,3570%, kadar protein 12,9896%, dan kadar serat kasar 0,4771. Dari hasil evaluasi CPPB yang didapatkan di UKM Nopia “Pak Narwan” belum sesuai dengan syarat. Pengendalian mutu yang dapat diterapkan adalah penerapan konsep cara produksi pangan yang baik, baik dari segi lokasi, bangunan dan fasilitas, higiene dan sanitasi, peralatan, dan proses pengolahan.

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
      Divisions: Fakultas Pertanian
      Fakultas Pertanian > D3 - Teknologi Hasil Pertanian
      Depositing User: faizah sarah yasarah
      Date Deposited: 22 Oct 2017 20:46
      Last Modified: 22 Oct 2017 20:46
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35383

      Actions (login required)

      View Item