Konsep Cara Produksi Pangan Yang Baik (CPPB) Pada Pembuatan Pai Buah Di UKM "Aneka Kue Y&Y" Sedahromo Lor, RT 04 / RW 06 Kelurahan Kartasura, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah

RAHMAWATI, CINTIYA (2017) Konsep Cara Produksi Pangan Yang Baik (CPPB) Pada Pembuatan Pai Buah Di UKM "Aneka Kue Y&Y" Sedahromo Lor, RT 04 / RW 06 Kelurahan Kartasura, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (797Kb)
    [img] PDF - Published Version
    Download (206Kb)

      Abstract

      Pai merupakan jenis biskuit berserpih (flaky) yang dibuat dari adonan yang dilapis lemak padat atau emulsi lemak, sehingga mengembang selama pemanggangan dan bila dipatahkan penampangnya tampak berlapis-lapis, pai dinamakan sesuai dengan isinya dapat berupa krim atau buah. Penelitian di UKM Aneka Kue Y&Y ini bertujuan untuk mengetahui proses pembuatan pai buah, menentukan konsep CPPB yang dapat diterapkan pada pembuatan pai buah dan mengetahui karakteristik pai buah. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara dan studi pustaka. Proses Pembuatan pai buah di UKM Aneka Kue Y&Y terdiri dari tiga proses yaitu proses pembuatan kulit pai, proses pembuatan vla dan proses pemberian topping. Proses pertama pembuatan kulit pai yaitu pencampuran, pengulenan, pencetakkan, pengovenan. Proses yang kedua adalah pembuatan vla, pada proses pembuatan vla diawali pemasakan bahan-bahan dan dilakukan pengadukan. Proses yang terakhir proses pemberian topping yaitu pengisian kulit pai dengan vla kemudian pemberian topping. Evaluasi pengendalian mutu dilakukan dengan pengecekan dan pengawasan terhadap bahan baku, proses produksi dan produk akhir. Untuk mengetahui karakteristik mutu pai buah di UKM “Aneka Kue Y&Y” dilakukan beberapa pengujian yang terdiri dari kadar air, asam lemak bebas, protein, Angka Lempeng Total dan Kapang. Serta dilakukan perancangan konsep CPPB. Hasil pengujian pai buah UKM Aneka Kue Y&Y diperoleh kadar air sebesar 35,2%; asam lemak bebas sebesar 1,5%; kadar protein sebesar 20,1%; ALT sebesar 3,3 x 103 dan kapang sebesar 3,6 x 102 koloni/g. Dan hasil evaluasi CPPB di UKM Aneka Kue Y&Y yaitu lantai, permukaan tempat kerja, dinding, bahan dan proses pembuatan pai sudah sesuai dengan konsep CPPB. Sedangkan tata letak, ventilasi, pintu, langit-langit, ruang penyimpanan, pelabelan, pencatatan dan dokumentasi belum sesuai dengan konsep CPPB. Konsep CPPB ini diperlukan untuk menjamin mutu dan keamanan produk pai buah di UKM “Aneka Kue Y&Y” sehingga dapat diterima oleh konsumen dan memenuhi syarat SNI No. 01-2973-2011.

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
      Divisions: Fakultas Pertanian
      Fakultas Pertanian > D3 - Teknologi Hasil Pertanian
      Depositing User: faizah sarah yasarah
      Date Deposited: 22 Oct 2017 20:41
      Last Modified: 22 Oct 2017 20:41
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35381

      Actions (login required)

      View Item