penerapan model pembelajaran probing promting untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa kelas x ips 1 SMA N 1 Bobotsari tahun ajaran 2016/2017

L, ANIS ANUGRAH (2017) penerapan model pembelajaran probing promting untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa kelas x ips 1 SMA N 1 Bobotsari tahun ajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (581Kb)
    [img] PDF - Published Version
    Download (107Kb)

      Abstract

      ABSTRAK Anis Anugrah Laraswati, PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTINGUNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X IPS 1 SMA NEGERI 1 BOBOTSARITAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univesitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2017. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar sejarah pada siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Bobotsari, dengan menggunakan model probing promtingdalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan evaluasi-refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Bobotsari yang berjumlah 31 orang. Sumber data berasal dari guru, siswa, dan proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi data dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian menggunakan model PTK Siklus yang dikembangkan oleh Suharsimi Arikunto (Planning, Action, Observing, Reflecting). Hasil penelitian menunjukkan guru dapat dikategorikan mampu melaksanakan model pembelajaran probing promting dengan baik, sehingga proses pembelajaran berjalan dengan baik.Model pembelajaran probing promtingdapat meningkatkan kemandirian dan hasil belajar sejarah siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Bobotsari dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. kemandirian belajar siswa prasiklus sebesar 65,56 % meningkat menjadi 71,25 % pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 78,67%. Hasil belajar siswa pada prasiklus sebesar 61,29 % meningkat menjadi 67,74 % pada siklus I dan meningkat menjadi 77,41% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat ditarik simpulan bahwa penerapan model pembelajaran probing promtingdapat meningkatkan kemandiria dan hasil belajar sejarah siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Bobotsari tahun ajaran 2016/2017. Kata Kunci:Probing Promting, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: D History General and Old World > D History (General)
      Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
      Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
      Depositing User: faizah sarah yasarah
      Date Deposited: 22 Oct 2017 19:09
      Last Modified: 22 Oct 2017 19:09
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35370

      Actions (login required)

      View Item