Keefektifan Self Assessment dan Peer Assessment terhadap Peningkatan Hasil Belajar Akuntansi Siswa SMK

ROTINGAH, TITI (2017) Keefektifan Self Assessment dan Peer Assessment terhadap Peningkatan Hasil Belajar Akuntansi Siswa SMK. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1194Kb)
    [img] PDF - Published Version
    Download (87Kb)

      Abstract

      Titi Rotingah. KEEFEKTIFAN SELF ASSESSMENT DAN PEER ASSESSMENT TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA SMK. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli, 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) menguji perbedaan keefektifan self assessment dan teacher assessment terhadap peningkatan hasil belajar akuntansi ranah kognitif siswa SMK Negeri 1 Surakarta, (2) menguji perbedaan keefektifan self assessment dan teacher assessment terhadap peningkatan hasil belajar akuntansi ranah afektif siswa SMK Negeri 1 Surakarta, (3) menguji perbedaan keefektifan self assessment dan teacher assessment terhadap peningkatan hasil belajar akuntansi ranah psikomotor siswa SMK Negeri 1 Surakarta, (4) menguji perbedaan keefektifan peer assessment dan teacher assessment terhadap peningkatan hasil belajar akuntansi ranah kognitif siswa SMK Negeri 1 Surakarta, (5) menguji perbedaan keefektifan peer assessment dan teacher assessment terhadap peningkatan hasil belajar akuntansi ranah afektif siswa SMK Negeri 1 Surakarta, dan (6) menguji perbedaan keefektifan peer assessment dan teacher assessment terhadap peningkatan hasil belajar akuntansi ranah psikomotor siswa SMK Negeri 1 Surakarta. Penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 1 Surakarta yang berjumlah 95 orang. Sampel dalam penelitian ini merupakan keseluruhan populasi, yaitu kelas XI AK 1 sebagai kelas eksperimen self assessment yang berjumlah 31 siswa, kelas XI AK 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 31 siswa, dan kelas XI AK 3 sebagai kelas eksperimen peer assessment yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis bentuk uraian, angket, dan dokumentasi. Validitas instrumen menggunakan validitas isi didukung dengan korelasi product moment untuk instrumen angket, sedangkan reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha. Analisis data menggunakan Independent- Samples T Test yang dibantu program SPSS 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keefektifan self assessment dan teacher assessment terhadap peningkatan hasil belajar akuntansi ranah kognitif dan psikomotor siswa SMK Negeri 1 Surakarta, namun tidak terdapat perbedaan pada ranah afektif. Hal ini dapat dilihat dari nilai Sig.(2- tailed)<α (0,00<0,05) untuk ranah kognitif, nilai Sig.(2-tailed)>α (0,055>0,05) untuk ranah afektif, dan nilai Sig.(2-tailed)<α (0,010<0,05) untuk ranah psikomotor. Selain itu, terdapat pula perbedaan keefektifan peer assessment dan teacher assessment terhadap peningkatan hasil belajar akuntansi ranah kognitif dan psikomotor siswa SMK Negeri 1 Surakarta, namun tidak terdapat perbedaan pada ranah afektif. Hal ini dapat dilihat dari nilai Sig.(2-tailed)<α (0,00<0,05) untuk ranah kognitif, nilai Sig.(2-tailed)>α (0,292>0,05) untuk ranah afektif, dan nilai Sig.(2-tailed)<α (0,000<0,05) untuk ranah psikomotor. Kata Kunci: self assessment, peer assessment, hasil belajar akuntansi

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
      Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
      Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
      Depositing User: faizah sarah yasarah
      Date Deposited: 22 Oct 2017 13:11
      Last Modified: 22 Oct 2017 13:11
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35346

      Actions (login required)

      View Item