PENERAPAN SEGMENTASI, TARGETING, DAN POSITIONING PRODUK PERTALITE PADA PT.PERTAMINA DI BOYOLALI

SAPUTRA, MUCH DIAN (2017) PENERAPAN SEGMENTASI, TARGETING, DAN POSITIONING PRODUK PERTALITE PADA PT.PERTAMINA DI BOYOLALI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (507Kb)
    [img] PDF - Published Version
    Download (148Kb)

      Abstract

      ABSTRAK “PENERAPAN SEGMENTASI, TARGETING DAN POSITIONING PRODUK PERTALITE PADA PT PERTAMINA DI BOYOLALI “. MUCH DIAN SAPUTRA F3214041 Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui tentang penerapan segmentasi, targeting, dan positioning pada PT Pertamina untuk produk barunya Pertalite. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode analisis diskriptif yang bertujuan mengolah data mentah menjadi data yang mudah dipahami dalam bentuk informasi yang lebih ringkas. Sedangkan tekhnik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi,wawancara dan studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian, PT Pertamina menerapkan segmentasi demografis, psikografis dan manfaat untuk produk Pertalite. Segmen tersebut dipilih karena PT Pertamina membidik orang dengan gaya hidup yang sederhana dengan pendapatan menengah kebawah sehingga manfaatnya sangat terasa dibenak masyarakat. Dalam penerapan terget sendiri PT Pertamina di Terminal BBM Boyolali untuk produk Pertalite adalah Differentiated Targeting Strategy atau pemilihan target dari beberapa segmen. Sedangkan untuk positioning yang dilakukan PT Pertamina yaitu dengan membuat tag-line “Mulailah Lembaran Baru, Dengan Melaju Lebih Jauh Bersama Pertalite dari Pertamina “. Dari hasil yang telah dikemukakan, penulis memberi saran yaitu : PT Pertamina sebaiknya melakukan kerja sama dengan produsen kendaraan bermotor untuk melakukan edukasi kepada konsumen terkait bahan bakar yang disarankan untuk digunakan oleh kendaraan tersebut. Dikarenakan pengguna Pertalite kebanyakan mahasiswa (anak muda) sehingga beberapa promosi dapat dilakukan agar target penjualan dapat tercapai, misalnya : pemberian kupon dan hadiah bagi pelanggan setia produk Pertalite, selain itu PT Pertamina dapat mengadakan test drive dengan bahan bakar Pertalite untuk membuktikan bahwa produkPertalite tidak kalah dengan bahan bakar lain yang memiliki angka oktan lebih tinggi. Kata kunci : Segmentasi, target pasar dan positioning produk pertalite

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
      Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
      Fakultas Ekonomi dan Bisnis > D3 - Manajemen Pemasaran
      Depositing User: faizah sarah yasarah
      Date Deposited: 22 Oct 2017 11:38
      Last Modified: 22 Oct 2017 11:38
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35336

      Actions (login required)

      View Item