IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN MEDIA MANIPULATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PERKALIAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas II SD Negeri III di Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017)

Fatimah, Maya Fatmalasari (2017) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN MEDIA MANIPULATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PERKALIAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas II SD Negeri III di Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (303Kb)
    [img] PDF - Published Version
    Download (94Kb)

      Abstract

      Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan operasi hitung perkalian melalui implementasi model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) dengan Media Manipulatif pada siswa kelas II SD Negeri III di Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri III di Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Uji validitas data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik (metode). Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif menurut Miles dan Huberman (Sugiyono, 2010: 337-338) yang terdiri dari tiga komponen, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) dengan Media Manipulatif untuk meningkatkan kemampuan operasi hitung perkalian siswa kelas II meningkat. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan nilai rata-rata kemampuan operasi hitung perkalian siswa pada pratindakan sebesar 63,36 meningkat menjadi 76,40 pada siklus I dan 87,24 pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar siswa pada pratindakan sebesar 32% atau 8 siswa, pada siklus I meningkat menjadi 84% atau 21 siswa, dan pada siklus II meningkat menjadi 92% atau 23 siswa. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) dengan Media Manipulatif dapat meningkatkan kemampuan operasi hitung perkalian siswa kelas II SD Negeri III di Daerah Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017. Kata kunci: kemampuan operasi hitung perkalian, Numbered Heads Together (NHT), mediaManipulatif.

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: L Education > L Education (General)
      Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
      Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
      Depositing User: faizah sarah yasarah
      Date Deposited: 22 Oct 2017 11:21
      Last Modified: 22 Oct 2017 11:21
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35334

      Actions (login required)

      View Item