PEMBUATAN APLIKASI HALO KIDS MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY TECHNOLOGY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DAN PENGENALAN TANAMAN BAGI ANAK USIA DINI BERBASIS ANDROID

FAUZI, M SYIFAAUL (2017) PEMBUATAN APLIKASI HALO KIDS MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY TECHNOLOGY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DAN PENGENALAN TANAMAN BAGI ANAK USIA DINI BERBASIS ANDROID. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (753Kb)
    [img] PDF - Published Version
    Download (1322Kb)

      Abstract

      ABSTRAK Muhammad Syifaaul Fauzi, 2017. “PEMBUATAN APLIKASI HALO KIDS MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY TECHNOLOGY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DAN PENGENALAN TANAMAN UNTUK ANAK USIA DINI BERBASIS ANDROID”. Program Diploma III Teknik Informatika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sebelas Maret Surakarta. Anak usia dini adalah anak yang berusia antara 3-6 tahun. Sedangkan hakikat anak usia dini adalah individu yang unik dimana ia memiliki pola pertumbuhan dan perkembangan dalam aspek fisik, kognitif, sosio-emosional, kreativitas, bahasa dan komunikasi yang khusus sesuai dengan tahapan yang sedang dilalui oleh anak tersebut.. Anak akan lebih cepat mengerti melalui alat pendengarannya (auditif) dan alat penglihatannya (visual) maka dari itu anak diajarkan dengan mendengarkan disertai dengan menunjukkan gambarnya (demonstrasi). Anak usia dini perlu diberikan ilmu pengetahuan salah satunya tentang macam-macam “Tanaman” yang terdiri dari tanaman sayuran, tanaman buah, dan tanaman bunga. Pengenalan macam-macam “Tanaman” dirasa sangat penting bagi anak karena mereka selalu mengenal dan berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari. Serta, menanamkan ilmu positif agar dapat menerima pengetahuan, khususnya tentang tanaman. Pembuatan aplikasi Halo Kids ini menggunakan berbagai software yaitu Vuforia Developer untuk membuat fitur marker, Vuforia SDK untuk mendapatkan ARCamera dan ImageTarget, Unity3D untuk membuat Augmented Reality, 3DMAX untuk pembuatan objek 3D dan CorelDraw untuk membuat desain marker dan layout. Kehadiran teknologi Augmented Reality pada aplikasi media pembelajaran ini diharapkan dapat memberikan kemudahan dalam pembelajaran tentang macam-macam tanaman serta memberikan inovasi media pembelajaran yang menarik, menyenangkan dan mudah dimengerti bagi anak-anak dalam belajar. Kata kunci : Augmented Reality, Tanaman, Halo Kids, Edukasi, Media Pembelajaran

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: Q Science > QA Mathematics
      Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
      Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > D3 - Ilmu Komputer
      Depositing User: faizah sarah yasarah
      Date Deposited: 22 Oct 2017 11:13
      Last Modified: 22 Oct 2017 11:13
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35332

      Actions (login required)

      View Item