EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI PESERTA DIDIK PADA MATERI PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 MEJOBO TAHUN AJARAN 2016/2017

Maghfiroh, Fitri (2017) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI PESERTA DIDIK PADA MATERI PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 MEJOBO TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (995Kb)
    [img] PDF - Published Version
    Download (155Kb)

      Abstract

      Fitri Maghfiroh (K5413027). EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI PESERTA DIDIK PADA MATERI PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 MEJOBO TAHUN AJARAN 2016/2017.Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. 2017. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Mengetahui perbedaan hasil belajar Geografi antara pembelajaran yang menggunakan metode Two Stay Two Stray (TSTS), Numbered Head Together (NHT) dan Ceramah. 2) Mengetahui efektivitas pembelajaran menggunakan metode Two Stay Two Stray (TSTS) dan metode Ceramah terhadap hasil belajar Geografi. 3) Mengetahui efektivitas pembelajaran menggunakan metode Numbered Head Together (NHT) dan metode Ceramah terhadap hasil belajar Geografi. 4) Mengetahui efektivitas pembelajaran menggunakan metode Numbered Head Together (NHT) dan metode Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap hasil belajar Geografi peserta didik pada materi pelestarian lingkungan hidup kelas XI IPS SMA Negeri 1 Mejobo Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen Reserch) dengan rancangan Posttest-only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS SMA Negeri 1 Mejobo Tahun Ajaran 2016/2017. Sampel penelitian diambil dengan Cluster Random Sampling terpilih kelas XI IPS 2 sebagai eksperimen 1, kelas XI IPS 3 sebagai eksperimen 2 dan kelas XI IPS 4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, observasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah Anava Satu Jalan (one-way anava) dan dilanjutkan uji pasca Anava (Uji Scheffe’). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Ada perbedaan hasil belajar Geografi antara yang menggunakan metode pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS), Numbered Head Together (NHT) dan Ceramah dengan nilai Fobs > Fα (3,604 > 3,085). 2) Hasil belajar Geografi metode pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) lebih efektif dibandingkan dengan metode pembelajaran Ceramah dengan nilai Fobs > Fα (4,369 > 3,085). 3) Hasil Belajar Geografi metode pembelajaran Numbered Head Together (NHT) lebih efektif dibandingkan dengan metode pembelajaran Ceramah dengan nilai Fobs > Fα (6,212 > 3,085). 4) Hasil Belajar Geografi metode pembelajaran Numbered Head Together (NHT) sama efektif dengan metode pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dengan nilai Fobs < Fα (0,145 < 3,085). Kata Kunci : Two Stay Two Stray, Numbered Head Together, Hasil Belajar Geografi.

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
      Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
      Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
      Depositing User: rifqi imaduddin
      Date Deposited: 22 Oct 2017 00:59
      Last Modified: 22 Oct 2017 00:59
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35327

      Actions (login required)

      View Item