PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP AKTIVITAS EKONOMI BERKAITAN DENGAN SUMBER DAYA ALAM MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIME TOKEN BERBASIS PROBLEM SOLVING (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SD N Bumi 1 No 67 Laweyan Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017)

Astuti, Umitri (2017) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP AKTIVITAS EKONOMI BERKAITAN DENGAN SUMBER DAYA ALAM MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIME TOKEN BERBASIS PROBLEM SOLVING (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SD N Bumi 1 No 67 Laweyan Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (349Kb)
    [img] PDF - Published Version
    Download (92Kb)

      Abstract

      ABSTRAK Umitri Astuti. K7113218. PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP AKTIVITAS EKONOMI BERKAITAN DENGAN SUMBER DAYA ALAM MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIME TOKEN BERBASIS PROBLEM SOLVING (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SD N Bumi 1 No 67 Laweyan Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017). Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep aktivitas ekonomi berkaitan dengan sumber daya alam melalui penerapan model pembelajaran kooperatif time token berbasis problem solvingpada siswa kelas IV SD N Bumi 1 No 67 Laweyan Surakarta pada tahun ajaran 2016/2017. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus.Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan.Setiap pertemuan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD N Bumi 1 No 67 Laweyan Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017.Jumlah siswa sebanyak 28 orang yang terdiri dari 12 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan tes.Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang terdiri dari empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik pengumpulan data. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam. Peningkatan ini dapat ditunjukkan dengan diperoleh nilai rata-rata sebelum tindakan sebesar 54,96 dengan ketuntasan klasikal sebesar 21,4 %. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 68,57 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 64,29%. Pada siklus II, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 78,57 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 89,29%. Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif time token berbasis problem solvingdapat meningkatkan pemahaman konsep aktivitas ekonomi berkaitan dengan sumber daya alam di kelas IV SD N Bumi 1 No 67 Laweyan Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Kata Kunci : pemahaman konsep, model pembelajaran kooperatif time token berbasis problem solving, aktivitas ekonomi berkaitan dengan sumber daya alam ABSTRACT Umitri Astuti. K7113218. THE IMPROVEMENT OF THE CONCEPT UNDERSTANDING OF ECONOMIC ACTIVITIES RELATED TO NATURAL RESOURCES THROUGH THE USE OF COOPERATIVE LEARNING MODEL OF TIME TOKEN WITH THE BASIS OF PROBLEM SOLVING (The Classroom Action Research In Fourth Grade Students Of State Primary School Bumi 1 No 67 Laweyan Surakarta In Academic Year 2016/2017). Skripsi,Surakarta: Teacher Training and Education Faculty of SebelasMaret Surakarta University, July 2017. The objective of this research were to improve the concept understanding of economic activities related to natural resources through the use of cooperative learning model of time token with the basis of problem solving of the students in fourth grade state primary school Bumi 1 No 67 Laweyan Surakarta In Academic Year 2016/2017. This research was classroom action research. It conducted in two cycles. Each cycles consisted of two confluence. Each confluence consist of four phases are planning, action, observation, and reflection. The subjects of the research were a teacher and state primary school student in fourth grade of Bumi 1 No 67 in academic year 2016/2017. The amount of students were 28 students consist of 12 girls and 16 boys. The data collected through interview, observation, documentation, and test. The data analyzed by using the interactive model of analysis comprising four components, namely: data gathering, data reduction, data display, and conclusion drawing. The data validated by using the data source and data collection technique triangulations. The results of the research showed that there was an improved of the concept understanding of economic activities related to natural resources. The average score of the students prior to the treatment (pre-cycle) was 54,96 with the classical learning completeness of 21,4 %. In cycle 1, the average score became 68,57 with the classical learning completeness of 64,29%. Then, in cycle II the average score became 78,57 with the classical learning completeness of 89,29%. The conclusion of this research was the cooperative learning model of time token with the basis of problem solving could improve the concept understanding of economic activities related to natural resources of the students in fourth grade state primary school Bumi 1 No 67 Laweyan Surakarta In Academic Year 2016/2017. Keywords: conceptual understanding, cooperative learning model of time token with the basis of problem solving, economic activities related to natural resources.

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: L Education > L Education (General)
      L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
      Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
      Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
      Depositing User: rifqi imaduddin
      Date Deposited: 20 Oct 2017 17:30
      Last Modified: 20 Oct 2017 17:30
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35321

      Actions (login required)

      View Item