Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi melalui Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Rotating Trio Exchange pada Siswa Kelas IV SD Negeri Karangasem IV Tahun Ajaran 2016/2017

Khumairo, Sania (2017) Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi melalui Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Rotating Trio Exchange pada Siswa Kelas IV SD Negeri Karangasem IV Tahun Ajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (147Kb)
    [img] PDF - Published Version
    Download (22Kb)

      Abstract

      ABSTRAK Sania Khumairo. PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KARANGASEM IV SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016 / 2017. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2017. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi melalui penerapan strategi pembelajaran aktif tipe rotating trio exchange pada siswa kelas IV SD Negeri Karangasem IV tahun ajaran 2016/2017. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam dua pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelas IV SD Negeri Karangaem IV Tahun Ajaran 2016/2017 terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Sumber data penelitian ini diperoleh dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara, obsevasi, tes, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data data adalah teknik analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe rotating trio exchange dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi. Peningkatan keterampilan menulis karangan deksripsi tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata keterampilan menulis karangan deskripsi pada setiap siklus. Rata-rata nilai keterampilan menulis karangan deksripsi sebesar 60 pada pratindakan, pada siklus I sebesar 65, pada siklus II sebesar 78 dan pada siklus III sebesar 80. Pada kegiatan pratindakan, siswa yang memperoleh nilai tuntas KKM (≥70) hanya 8 siswa dengan ketuntasan klasikal 24%. Pada siklus I meningkat menjadi 12 siswa (36%), pada siklus II meningkat kembali menjadi 28 siswa (85%), dan pada siklus III juga mengalami peningkatan menjadi 31 siswa (94%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran aktif tipe rotating trio exchange dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV SD Negeri Karangasem IV tahun ajaran 2016/2017. Kata kunci : menulis karangan deskripsi, pembelajaran aktif, rotating trio exchange ABSTRACT Sania Khumairo. IMPROVEMENT OF WRITING DESCRIPTION ESSAY THROUGH THE ACTIVE LEARNING STRATEGY TYPE ROTATING TRIO EXCHANGE IN STUDENTS OF CLASS IV SD NEGERI KARANGASEM IV SURAKARTA YEAR 2016 / 2017. Thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. July 2017. The purpose of this research is to improve the writing skill of description by applying active learning strategy of rotating trio exchange type on fourth grade students of SD Negeri Karangasem IV academic year 2016/2017. This form of research is a classroom action research (PTK) conducted in three cycles. Each cycle is held in two meetings. Each meeting consists of 4 stages of planning, implementation, observation and reflection. The subjects of this research are classroom teachers and fourth grade students of SD Negeri Karangaem IV of academic year 2016/2017 consist of 16 male students and 17 female students. The data source of this research is obtained from primary data source and secondary data source. Technique of collecting data of this research use interview, obsevasi, tes, and documentation. Technique of data validity test used is triangulation of source and triangulation technique. Data analysis technique is an interactive analysis technique. The results showed that the application of active learning strategy of rotating trio exchange type can improve writing skill description. The improvement of writing skill of the description of the description can be proven by increasing the average score of writing skill in each cycle. The average value of writing essay writing essay is 60 on pratindakan, in cycle I is 65, in cycle II is 78 and in cycle III is 80. In pratindakan activity, students who get KKM (≥70) only thoroughly are 8 students with mastery Classical 24%. In the first cycle increased to 12 students (36%), in cycle II increased again to 28 students (85%), and in cycle III also increased to 31 students (94%). The conclusion of this research is the implementatiosn of active learning strategy of rotating trio exchange type can improve the skill of writing description description in fourth grade students of SD Negeri Karangasem IV academic year 2016/2017. Keywords: writing description essay, active learning, rotating trio exchange

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
      Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
      Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
      Depositing User: rifqi imaduddin
      Date Deposited: 20 Oct 2017 17:28
      Last Modified: 20 Oct 2017 17:28
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35320

      Actions (login required)

      View Item