FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ALOKASI BELANJA MODAL DAN DAMPAKNYA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI (Studi Pada Kabupaten/Kota di Pulau Papua tahun 2012-2014)

Rokhmad, Muhammad Nur (2017) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ALOKASI BELANJA MODAL DAN DAMPAKNYA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI (Studi Pada Kabupaten/Kota di Pulau Papua tahun 2012-2014). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1254Kb)
    [img] PDF - Published Version
    Download (95Kb)

      Abstract

      ABSTRAK FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ALOKASI BELANJA MODAL DAN DAMPAKNYA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI (Studi Pada Pemerintah Kabupaten/Kota di Pulau Papua Tahun 2012-2014) Muhammad Nur Rokhmad F0310058 Salah satu indikator kemajuan suatu daerah dapat ditinjau dengan pertumbuhan ekonomi yang baik. Salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi adalah pengalokasian belanja modal. Pengalokasian belanja modal dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Fokus dalam penelitian ini adalah menguji empat variabel independen, yakni dana alokasi khusus (DAK), dana otonomi khusus (Otsus), luas wilayah, dan jumlah pendududuk dan pengaruhnya terhadap alokasi belanja modal. Selain itu juga menguji pengaruh alokasi belanja modal terhadap pertumbuhan ekonomi. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data sekunder bersifat time series terbatas pada periode 2012 sampai 2014. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang menyeluruh terkait hubungan tiap-tiap variabel yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alokasi belanja modal dipengaruhi oleh dana alokasi khusus (DAK), dana otonomi khusus (Otsus), dan jumlah penduduk. Di sisi lain, luas wilayah tidak terbukti berpengaruh pada alokasi belanja modal. Selanjutnya, hasil menunjukkan alokasi belanja modal mempengaruhi pertumbuhan ekonomi. Kata Kunci: dana alokasi khusus (DAK), dana otonomi khusus (Otsus), luas wilayah, jumlah penduduk, alokasi belanja modal, pertumbuhan ekonomi

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
      Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
      Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
      Depositing User: rifqi imaduddin
      Date Deposited: 20 Oct 2017 16:18
      Last Modified: 20 Oct 2017 16:18
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35308

      Actions (login required)

      View Item