Implementasi Model Cooperative Learning tipe Index Card Match Untuk Meningkatkan Kemampuan Mnyelesaikan Operasi Hitung Pecahan Pada Sisiwa Kelas V SD N Sumber IV Surakarta Tahun 2016/2017

Istikomah, Istikomah (2017) Implementasi Model Cooperative Learning tipe Index Card Match Untuk Meningkatkan Kemampuan Mnyelesaikan Operasi Hitung Pecahan Pada Sisiwa Kelas V SD N Sumber IV Surakarta Tahun 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1254Kb)
    [img] PDF - Published Version
    Download (95Kb)

      Abstract

      Tujuan Penelitian ini adalah untuk menningkatkan kemampuan menyelesaikan operasi hitung pecahan melalui implementasi model Cooperative Learning tipe Index Card Match pada siswa kelas V SD N Sumber IV Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan selama 3 siklus. Subjek penelitian adalah guru kelas dan siswa kelas V SD N Sumber IV Surakarta tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 27 siswa. Sumber data pada penelitian ini adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik validitas data yang digunakan adalah validitas isi, triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif dan deskriptif komparatif analisis kritis. Hasil penelitian ini dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata kemampuan menyelesaikan operasi hitung pecahan pada setiap siklus, yaitu pada pratindakan sebesar 53,33 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 0%. Pada siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 79,23 dengan persentase ketuntasan klasikal 61,54%. Pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 81,2 dengan persentase ketuntasan klasikal 64%. Pada siklus III nilai rata-rata meningkat lagi menjadi 94,56 dengan persentase ketuntasan klasikal 95,65%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa implementasi model Cooperative Learning tipe Index Card Match dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan operasi pecahan pada siswa kelas V SD N Sumber IV Surakarta tahun 2016/2017.

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
      L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
      Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
      Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
      Depositing User: rifqi imaduddin
      Date Deposited: 20 Oct 2017 16:15
      Last Modified: 20 Oct 2017 16:15
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35307

      Actions (login required)

      View Item