Analisis Pengaruh PDRB, Upah Minimum Kabupaten/Kota, Inflasi dan Pengeluaran Pemerintah terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Tahun 2009-2015 (Studi Kasus di Kabupaten/Kota Subosukawonosraten, Jawa Tengah)

Ningrum, Yovita Astri (2017) Analisis Pengaruh PDRB, Upah Minimum Kabupaten/Kota, Inflasi dan Pengeluaran Pemerintah terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Tahun 2009-2015 (Studi Kasus di Kabupaten/Kota Subosukawonosraten, Jawa Tengah). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (433Kb)
    [img] PDF - Published Version
    Download (381Kb)

      Abstract

      Masalah utama di negara-negara berkembang termasuk Indonesia adalah tingginya jumlah penduduk, yang akan menimbulkan berbagai masalah terkait ketenagakerjaan, seperti tingginya angkatan kerja yang tidak sebanding dengan terserapnya tenaga kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh PDRB, upah minimum kabupaten/kota, inflasi dan pengeluaran pemerintah terhadap penyerapan tenaga kerja di Subosukawonosraten tahun 2009-2015. Data yang digunakan adalah data sekunder 7 Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi data panel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Random Effects Model (REM) adalah model regresi data panel yang terbaik. Berdasarkan hasil pengujian, secara simultan variabel PDRB, upah minimum kabupaten/kota, inflasi dan pengeluaran pemerintah berpengaruh terhadap penyerapan tenaga kerja di Subosukawonosraten. Secara parsial, upah minimum kabupaten/kota dan pengeluaran pemerintah berpengaruh positif dan siginifikan, sedangkan PDRB berpengaruh negatif dan signifikan, kemudian variabel inflasi tidak berpengaruh signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja di Subosukawonosraten.

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
      Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
      Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
      Depositing User: rifqi imaduddin
      Date Deposited: 20 Oct 2017 15:47
      Last Modified: 20 Oct 2017 15:47
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35298

      Actions (login required)

      View Item