PENGARUH E-WOM DAN IMAGE PADA LOYALITAS BERKUNJUNG DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Agriano, Brian Gusti (2017) PENGARUH E-WOM DAN IMAGE PADA LOYALITAS BERKUNJUNG DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (428Kb)
    [img] PDF - Published Version
    Download (92Kb)

      Abstract

      ABSTRAK PENGARUH E-WOM DAN IMAGE PADA LOYALITAS BERKUNJUNG DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Pengguna Media Sosial Di Soloraya) Oleh: BRIAN GUSTI AGRIANO NIM: F0210045 Media sosial dewasa ini mampu menjembatani informasi tak terbatas bagi masayarakat dalam mengakses seluk beluk tempat wisata yang ingin dikunjungi. Penelitian ini meneliti tentang bagaimana media sosial mampu memberikan pengaruh terhadap keputusan pelanggan berkunjung ke Kota Surakarta. Variabel independen dalam penelitian ini yaitu Electronic Word Of Mouth, Cognitive Image, Affective Image, sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah Loyalty yang dimediasi oleh Satisfaction. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna media sosial di Soloraya. Sampel yang digunakan sebanyak 100, dengan kriteria dalam memilih sampel dalam penelitian ini adalah pengguna media sosial yang sudah berkunjung dan berniat berkunjung ulang ke Kota Surakarta. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Electronic word of Mouth berpengaruh positif terhadap Loyalty. Affective Image berpengaruh positif terhadap Loyalty. Cognitive Image berpengaruh positif terhadap Loyalty. Satisfaction berpengaruh positif terhadap Loyalty. Dari hasil tersebut semua hipotesis yang ada dalam penelitian ini berpengaruh signifikan. Peneliti selanjutnya dapat meneliti mengenai keunikan destinasi dalam membentuk destination image dan pengalaman yang dirasakan wisatawan selama berkunjung agar pemasar destinasi dapat menyusun strategi pemasaran Kata kunci: Electronic word of Mouth, Affective Image, Cognitive Image, Satisfaction, Loyalty.

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
      Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
      Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
      Depositing User: rifqi imaduddin
      Date Deposited: 20 Oct 2017 15:22
      Last Modified: 20 Oct 2017 15:22
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35289

      Actions (login required)

      View Item