EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING PADA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 14 SURAKARTA TAHUN 2016/2017 DITINJAU DARI KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Rosyada, Atina (2017) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING PADA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 14 SURAKARTA TAHUN 2016/2017 DITINJAU DARI KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (966Kb)
    [img] PDF - Published Version
    Download (92Kb)

      Abstract

      Atina Rosyada. K1312014. EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING PADA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 14 SURAKARTA TAHUN 2016/2017 DITINJAU DARI KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Agustus 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) model pembelajaran manakah yang memberikan prestasi belajar lebih baik, model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan problem posing atau model pembelajaran langsung, (2) manakah yang mempunyai prestasi belajar lebih baik, siswa dengan kreativitas belajar matematika tinggi, sedang, atau rendah, (3) pada masing-masing model pembelajaran, manakah yang mempunyai prestasi belajar lebih baik, siswa dengan kreativitas belajar matematika tinggi, sedang, atau rendah, (4) pada masing-masing kategori kreativitas belajar siswa, model pembelajaran manakah yang memberikan prestasi belajar lebih baik. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 2x3. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 14 Surakarta tahun 2016/2017. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dan terpilih sampel yang terdiri dari siswa kelas VII C dan VII F. Pengumpulan data dilaksanakan dengan metode dokumentasi untuk data awal siswa yang berupa nilai UTS Semester I tahun 2016/2017 kelas VII SMP Negeri 14 Surakarta, metode angket untuk data kreativitas belajar matematika siswa, dan metode tes untuk data tes prestasi belajar matematika siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Selanjutnya dilakukan uji komparasi ganda dengan menggunakan metode Scheffe. Hasil penelitian ini adalah (1) model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan problem posing menghasilkan prestasi belajar lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran langsung, (2) siswa dengan kreativitas belajar matematika tinggi mempunyai prestasi belajar sama baiknya dengan siswa dengan kreativitas belajar matematika sedang. Siswa dengan kreativitas belajar matematika tinggi dan sedang mempunyai prestasi belajar lebih baik dibandingkan dengan siswa dengan kreativitas belajar matematika rendah, (3) pada tiap model pembelajaran, siswa dengan kreativitas belajar matematika tinggi mempunyai prestasi belajar sama baiknya dengan siswa dengan kreativitas belajar matematika sedang, siswa dengan kreativitas belajar matematika tinggi dan sedang mempunyai prestasi belajar lebih baik dibandingkan dengan siswa dengan kreativitas belajar matematika rendah, (4) pada tiap kategori kreativitas belajar matematika, siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan problem posing memberikan prestasi belajar lebih baik dibandingkan dengan siswa yang dikenai model pembelajaran langsung. Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, STAD, Kreativitas Belajar Matematika, Aritmatika Sosial.

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: L Education > L Education (General)
      L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
      Q Science > QA Mathematics
      Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
      Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
      Depositing User: rifqi imaduddin
      Date Deposited: 20 Oct 2017 14:49
      Last Modified: 20 Oct 2017 14:49
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35284

      Actions (login required)

      View Item