STUDI KARAKTERISTIK KAMPAS REM KENDARAAN PENUMPANG TYPE OES (ORIGINAL EQUIPMENT SPAREPART) DAN AM (AFTER MARKET) PADA DRY SLIDING DAN WET SLIDING

KENNEDY, ROVILLA (2017) STUDI KARAKTERISTIK KAMPAS REM KENDARAAN PENUMPANG TYPE OES (ORIGINAL EQUIPMENT SPAREPART) DAN AM (AFTER MARKET) PADA DRY SLIDING DAN WET SLIDING. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (24Kb)

    Abstract

    Salah satu teknologi yang berkembang pesat saat ini adalah bidang otomotif terutama pada kendaraan bermotor. Kampas rem adalah salah satu komponen kendaraan bermotor yang berfungsi untuk memperlambat atau menghentikan laju kendaraan bermotor. Kampas rem kendaraan otomotif yang ada di pasaran dibagi menjadi tiga type. Ketiga type tersebut adalah OEM (original equipment manufacturer), OES (original equipment sparepart) dan AM (aftermarket). Di dalam pemakaiannya, kampas rem beroperasi di bawah berbagai kondisi kering maupun pada kondisi basah/hujan. Sebagian besar peneliti melakukan pengujian kampas rem pada gesekan kering. Publikasi mengenai dampak air yang berada dalam pengereman pada gesekan basah sangat jarang dilakukan pengujian. Terkait dengan penjelasan diatas maka pada penelitian ini akan dilakukan pengujian karakteristik pada gesekan kering dan gesekan basah dengan menggunakan kampas rem type OES dan AM pada kendaraan penumpang. Masing-masing kampas rem diuji menggunakan mesin tribometer type pin on disc dan SEM. Hasilnya, kampas rem type OES memiliki kestabilan yang baik pada pengujian dry sliding dan wet sliding. Selain itu, kampas rem penumpang type OES memiliki keausan spesifik yang rendah sehingga nilai kekerasan tinggi. Sementara itu hasil dari foto SEM menunjukkan bahwa tribofilm tidak terbentuk pada saat wet sliding.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Mesin
    Depositing User: Noviana Eka
    Date Deposited: 18 Oct 2017 14:24
    Last Modified: 18 Oct 2017 14:24
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35271

    Actions (login required)

    View Item