PERAN CREATIVE DALAM ACARA IBU PINTAR DI PT. TELEVISI TRANSFORMASI INDONESIA (TRANS TV)

LEOVIKA, RIOSNITA DWI (2017) PERAN CREATIVE DALAM ACARA IBU PINTAR DI PT. TELEVISI TRANSFORMASI INDONESIA (TRANS TV). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (228Kb)

    Abstract

    RINGKASAN RIOSNITA DWI LEOVIKA. D1413058. PERAN CREATIVE DALAM ACARA IBU PINTAR DI PT. TELEVISI TRANSFORMASI INDONESIA (TRANS TV). TUGAS AKHIR D III PENYIARAN. UNIVERSITAS SEBELAS MARET. Seiring berkembangnya jaman sekarang ini informasi sangatlah dibutuhkan masyarakat luas guna memberi pengetahuan dari segala hal dan televisi merupakan salah satu media yang dapat dijangkau oleh semua kalangan luas. Pada televisi juga terdapat banyak informasi dalam segala segi keperluan, tidak hanya memberikan informasi saja, televisi juga dapat memberikan hiburan bagi penikmatnya. PT. Televisi Transformasi Indonesia (Trans Tv) adalah salah satu televisi swasta dengan Komisaris utama Chairul Tanjung. Trans Tv kemudian pertama mengudara secara teknis selama beberapa jam per hari di wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi. Divisi creative dalam sebuah produksi adalah orang-orang kreatif yang tergabung dalam tim dengan tugas menterjemahkan disign program menjadi disign produksi. Tugas dari tim creative ini diantaranya adalah mempelajari, memahamai, dan megembangkan disign sebuah program acara. Divisi creative juga bertugas mencari ide, mengumpulkan fakta dan daya, menuangkan dalam bentuk konsep, naskah, rundown, dan mendampingi pengisi acara dalam pelaksanaan produksi. Divisi kreatif sangatlah penting kedudukannya di dalam produksi program acara, dikarenakan segala sesuatu yang baru bahkan alur sebah acara tergantung kepada tim kreatif. Ibu Pintar adalah program reality show yang dibawakan oleh tiga orang host ibu muda dengan tiga sifat dan kepribadian yang berbeda-beda. Tiga tipe itu digolongkan menjadi, sophisticated mom, playful & sweet mom, dan religious/hijabers mom. Berbincang mengenai masalah dalam rumah tangga dan seputar tumbuh kembang anak. Kemudian memberikan solusi dan cara penyelesaian secara tepat dan cerdas. Program ini mengangkat tema-tema permasalahan yang sering terjadi dalam rumah tangga. Mulai dari masalah suami dan istri, ibu dan anak, seputar menantu dan mertua, hingga ibu dan teman-temannya. Program Ibu Pintar tayang sekali dalam satu minggu yang terdiri dari 3 segmen dan berdurasi 30 menit. Kata Kunci: (televisi, trans tv, divisi creative, ibu pintar)

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > D3 - Komunikasi Terapan
    Depositing User: Noviana Eka
    Date Deposited: 18 Oct 2017 13:39
    Last Modified: 18 Oct 2017 13:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35265

    Actions (login required)

    View Item