SIMULASI EFISIENSI MOTOR LISTRIK AXIAL BLDC DENGAN BAHAN SOFT MAGNETIK VARIASI KOMPAKSI DAN PERLAKUAN PANAS MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK ANSYS MAXWELL’

HERWANGGA, RINO (2017) SIMULASI EFISIENSI MOTOR LISTRIK AXIAL BLDC DENGAN BAHAN SOFT MAGNETIK VARIASI KOMPAKSI DAN PERLAKUAN PANAS MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK ANSYS MAXWELL’. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (103Kb)

    Abstract

    Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui nilai efisiensi motor listrik dengan soft magnetic composite dan laminate menggunakan perangkat lunak Ansys Maxwell. Material soft magnetic composite yang diberi tekanan kompaksi 4, 5 dan 6 ton dari penelitian sebelumnya digunakan untuk input data pada simulasi efisiensi motor listrik. Data yang digunakan adalah kurva histerisis hasil dari pengujian VSM (Vibrating Sample Magnetometer). Ansys Maxwell Rmxprt digunakan untuk mensimulasikan efisiensi motor listrik. Hasil dari simulasi Ansys Maxwell Rmxprt berupa kurva hubungan antara efisiensi motor listrik dengan putaran motor listrik. Hasil simulasi efisiensi motor listrik dengan bahan soft magnetic composite selanjutnya dibandingkan dengan nilai efisiensi motor litsrik dengan bahan laminate. Hasil penelitian menunjukkan nilai efisiensi motor listrik dengan soft magnetic composite yang diberi tekanan kompaksi 4, 5 dan 6 ton berturut-turut sebesar 84,05 %; 84,07 % dan 84,71 %. Efisiensi motor listrik dengan inti lilitan material laminate sebesar 85,19 %. Dari simulasi didapatkan bahwa nilai tekanan kompaksi yang diberikan pada material soft magnetic composite berpengaruh terhadap nilai efisiensi motor listrik. Penelitian ini menyimpulkan efisiensi motor listrik cenderung meningkat seiring bertambahnya nilai tekanan kompaksi pada material.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Mesin
    Depositing User: Noviana Eka
    Date Deposited: 18 Oct 2017 13:26
    Last Modified: 18 Oct 2017 13:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35264

    Actions (login required)

    View Item