EVALUASI TINGKAT NON PERFORMING LOAN PD BPR BANK DAERAH KARANGANYAR TAHUN 2011-2016

Pratama, Anggy Dato (2017) EVALUASI TINGKAT NON PERFORMING LOAN PD BPR BANK DAERAH KARANGANYAR TAHUN 2011-2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (438Kb)

    Abstract

    Penelitian ini dilakukan yang bertujuan untuk : (1) mengetahui bagaimana kinerja ataupun kesehatan PD BPR Bank Daerah Karanganyar tahun 2016 dibanding dengan periode sebelumnya dari sisi Non Performing Loan (2) mengetahui apa penyebab kredit bermasalah yang dihadapi PD BPR Bank Daerah Karanganyar sehingga membuat tinggi nilai Non Performing Loan (3) mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan PD BPR Bank Daerah Karanganyar dalam menangani kredit bermasalah yang terjadi. Dalam penulisan tugas akhir ini penulis menggunakan metode kualitatif untuk menganalisis data yang ada dan juga metode kuantitatif untuk menghitung secara sistematis pada kasus yang diteliti. Data yang diperoleh merupakan dari data internal yang diperoleh secara langsung pada PD BPR Bank Daerah Karanganyar (kantor pusat), data yang dikumpulkan dari dokumen-dokumen yang berupa laporan nilai Non Performing Loan dan jumlah Outstanding Credit, serta dengan melakukan wawancara dengan pihak bank khususnya pada bagian kredit mengenai penyebab kredit bermasalah dan upaya bank dalam menanganinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) kinerja PD BPR Bank Daerah Karanganyar dalam periode 2011-2016 semakin membaik dalam mengatasi kredit bermasalah yang terjadi karena terbuktinya dengan semakin menurunnya nilai Non Performing Loan dari tahun ke tahun dan tingkat kesehatan PD BPR Bank Daerah Karanganyar juga dinilai semakin sangat sehat dari sisi Non Performing Loan nya hampir mendekati angka 0% yang sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh BI (2) tingginya nilai Non Performing Loan disebabkan karena semakin besarnya kredit bermasalah yang terjadi yang akan membawa dampak terhadap nilai Non Performing Loan yang buruk, kredit bermasalah yang terjadi pada PD BPR Bank Daerah Karanganyar bisa disebabkan oleh debitur (karakter debitur, usaha bangkrut), oleh pihak bank (analisis kredit yang kurang optimal) dan juga karena bencana alam (3) upaya yang dilakukan PD BPR Bank Daerah Karanganyar dalam mengangani kredit bermaslah agar terciptanya kinerja ataupun kesehatan bank yang baik yaitu melakukan penagihan secara intensif, melakukan restrukturisasi kredit, melakukan penjualan aset, melakukan lelang jaminan dan pengalihan kredit pada pihak ketiga.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > D3 - Keuangan Perbankan
    Depositing User: Arief Atmojo
    Date Deposited: 17 Oct 2017 20:21
    Last Modified: 17 Oct 2017 20:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35258

    Actions (login required)

    View Item