PENERAPAN MODEL TAKE AND GIVE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISTEM PEMERINTAHAN PUSAT (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SD N Karangasem II No.172 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017)

Mubarokah, Nur Laila (2014) PENERAPAN MODEL TAKE AND GIVE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISTEM PEMERINTAHAN PUSAT (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SD N Karangasem II No.172 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (502Kb)
    [img] PDF - Published Version
    Download (94Kb)

      Abstract

      Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep sistem pemerintahan pusat siswa dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas IV SD Negeri Karangasem II No. 172 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Karangasem II No. 172 Surakarta yang berjumlah 35 siswa. Sumber data berasal dari guru, siswa, dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif komparatif dan model analisis interaktif dengan tiga buah komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas pemahaman konsep sistem pemerintahan pusat sebelum dilakukan tindakan sebesar 65,74 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 28,57%. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas menjadi 69,14 dengan persentase 60%. Pada siklus II, nilai rata-rata meningkat menjadi 78,00 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 85,71%. Pada siklus III, nilai rata-rata meningkat menjadi 81,77 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 94,28%. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa melalui model Take and Give dapat meningkatkan nilai pemahaman konsep sistem pemerintahan pusat pada siswa kelas IV SD Negeri Karangasem II No. 172 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Kata Kunci:Pemahaman Konsep, Sistem Pemerintahan Pusat, Take and Give The purpose of this research was to improve the comprehensions of concepts system of central goverment in 4th grade students of SD N Karangasem II No. 172 Surakarta in academic year of 2016/2017. The research was classroom action research consist of three cycles. Each one consist of four phases, namely planning, implementation, observation, and reflection. The subjects of this research were teacher and 4th grade students of SD N Karangasem II No. 172 Surakarta many 35 students. The sources of data were interview, observation, test and documentation. The data validity used triangulation of source and technique. The data analysis technique use descriptive comparative and interactive analysis model which consist of three components, they are data reduction, data display, and conclusion. The result of this research indicated that the average score of the comprehensions test about concept system of central goverment before action were 65,74 and the percentage of classical completeness is 28,57%. Following the tretment, the average score become 69,14 with the classical completeness percentage 60% in cycle I, and 78,00 with the classical completeness percentage in cycle II respectively. Student comprehension’s of system of central goverment increased again on the third cucle with the acquistion of an average score is 81,77 and the percentage of classical completeness is 94,28%. Based on the result of the research, it can be concluded that the result of learning model Take and Give can be improve the comprehension of concepts multiplication system of central goverment in 4th grade students of SD N Karangasem II No. 172 Surakarta in the academic year of 2016/2017. Keywords: Comprehension of concepts, system of central goverment, Take and Give

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: L Education > L Education (General)
      L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
      Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
      Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
      Depositing User: rifqi imaduddin
      Date Deposited: 17 Oct 2017 16:59
      Last Modified: 17 Oct 2017 16:59
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35248

      Actions (login required)

      View Item