KONTRIBUSI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN MEMORI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATERI IKATAN KIMIA KELAS X IPA SEMESTER 1 SMA N 2 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2016/2017

Winiasih, Rismaya (2017) KONTRIBUSI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN MEMORI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATERI IKATAN KIMIA KELAS X IPA SEMESTER 1 SMA N 2 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (787Kb)
    [img] PDF - Published Version
    Download (90Kb)

      Abstract

      ABSTRAK Rismaya Winiasih. K3310075. Kontribusi Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Memori terhadap Prestasi Belajar pada Materi Ikatan Kimia Kelas X IPA Semester 1 SMA N 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Surakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2017. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Adanya korelasi antara kemampuan berpikir kritis dengan prestasi belajar siswa Ikatan Kimia. (2) Adanya korelasi antara memori dengan prestasi belajar (3) Adanya korelasi antara kemampuan berpikir kritis dan memori bersama-sama dengan prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode korelasional dan dilakukan pada siswa kelas X SMAN 2 Sukoharjo. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes untuk mengukur prestasi belajar pada materi ikatan kimia dan kemampuan berpikir kritis serta kemampuan memori. Uji hipotesis dilakukan menggunakan analisis multiple regession dengan bantuan aplikasi SPSS 18. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan: (1) Ada korelasi antara kemampuan memori dengan prestasi belajar siswa dengan indeks korelasi 0,673, bentuk korelasi positif, semakin tinggi kemampuan memori maka prestasi belajar siswa cenderung semakin tinggi. (2) Ada korelasi antara kemampuan berpikir kritis dengan prestasi belajar siswa dengan indeks korelasi 0,481, bentuk korelasi positif, semakin tinggi kemampuan berpikir kritis maka prestasi belajar siswa cenderung semakin tinggi. (3) Ada korelasi antara kemampuan memori dan kemampuan berpikir kritis bersama sama terhadap prestasi belajar siswa dengan indeks korelasi 0,757, bentuk korelasi positif, semakin tinggi kemampuan memori dan kemampuan berpikir kritis maka prestasi belajar siswa cenderung semakin tinggi.

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
      Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
      Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
      Depositing User: rifqi imaduddin
      Date Deposited: 17 Oct 2017 16:32
      Last Modified: 17 Oct 2017 16:32
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35243

      Actions (login required)

      View Item