PEMBUATAN 3D VIRTUAL REALITY KEBUN BINATANG TAMAN SATWA TARU JURUG BAGIAN DUA BERBASIS ANDROID

Hermawan, Rizky (2017) PEMBUATAN 3D VIRTUAL REALITY KEBUN BINATANG TAMAN SATWA TARU JURUG BAGIAN DUA BERBASIS ANDROID. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1364Kb)
    [img] PDF - Published Version
    Download (507Kb)

      Abstract

      Taman Satwa Taru Jurug atau Kebun Binatang Jurug merupakan salah satu objek wisata di Kota Surakarta. Namun kini seakan taman ini kehilangan pamornya karena kurangnya pengelolaan selama bertahun-tahun.Salah satu solusi menyelesaikan permasalahan yang ada adalah dengan membuat sebuah Aplikasi 3D Virtual Reality Kebun Binatang Taman Satwa Taru Jurug Bagian Dua Berbasis Android dengan studi beberapa hewan dan bangunan yang terdapat di Taman Satwa Taru Jurug yaitu hewan unta, kangguru, dan bangunan gerbang pintu masuk. Untuk membuat Aplikasi 3D Virtual Reality Kebun Binatang Taman Satwa Taru Jurug Bagian Dua Berbasis Android ini harus melewati beberapa tahapan yang cukup panjang. Sebagai langkah awal yang perlu dilakukan adalah dengan melalukan observasi langsung untuk mendapatkan segala informasi mengenai jurug dan melakukan wawancara kepada pihak kebun binatang. Baru setelah itu dilakukanlah pembuatan aplikasi ini sesuai dengan data – data yang diperoleh. Sebelum dipublikasikan aplikasi ini, penulis perlu melakukan pengujian terhadap aplikasi ini dengan menggunakan konsep pengisian kuisioner yang disebar secara acak. Barulah setelah itu aplikasi ini benar – benar bisa dipublikasikan secara masif setelah mendapatkan masukan dari kuisioner pengujian aplikasi. Pembuatan Aplikasi 3D Virtual Reality Kebun Binatang Taman Satwa Taru Jurug Bagian Dua Berbasis Android bertujuan untuk memberikan gambaran visual dari beberapa hewan di Taman Satwa Taru Jurug. Selain itu sebagai sarana edukasi untuk menambah pengetahuan masyarakat mengenai beberapa hewan di sana melalui informasi yang telah disajikan. Aplikasi 3D Virtual Reality Taman Satwa Taru Jurug Bagian Dua Berbasis Android diharapkan mampu menggambarkan secara virtual Taman Satwa Taru Jurug di Kota Surakarta, sehingga dapat digunakan sebagai sarana edukasi tentang sejarah Jurug dan sebagai media publikasi kepada wisatawan dalam maupun luar Kota Surakarta secara lebih baik.

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
      Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
      Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > D3 - Ilmu Komputer
      Depositing User: rifqi imaduddin
      Date Deposited: 17 Oct 2017 16:14
      Last Modified: 17 Oct 2017 16:14
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35239

      Actions (login required)

      View Item