Penerapan Pendekatan Kontekstual Berbasis Lingkungan pada Materi Interaksi Manusia dan Lingkungan Dalam Dinamika Hidrosfer untuk Meningkatkan Keaktivan dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014.

Candra, Septian Adhi (2017) Penerapan Pendekatan Kontekstual Berbasis Lingkungan pada Materi Interaksi Manusia dan Lingkungan Dalam Dinamika Hidrosfer untuk Meningkatkan Keaktivan dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (810Kb)
    [img] PDF - Published Version
    Download (92Kb)

      Abstract

      ABSTRAK Septian Adhi Candra. K5410055. PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS LINGKUNGAN PADA MATERI INTERAKSI MANUSIA DAN LINGKUNGAN DALAM DINAMIKA HIDROSFER UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIVAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Mei. 2017. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui keefektivan pendekatan kontekstual berbasis lingkungan untuk meningkatkan keaktivan belajar peserta didik dalam pembelajaran geografi; (2) Mengetahui keefektivan pendekatan kontekstual berbasis lingkungan untuk meningkatkan kualitas hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran geografi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek Penelitian adalah siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 27 siswa. Objek penelitian ini adalah berbagai kegiatan yang terjadi di dalam kelas selama berlangsungnya proses belajar-mengajar yang terdiri dari keaktivan siswa selama proses belajar-mengajar, dan hasil belajar Geografi pada materi interaksi manusia dan lingkungan dalam dinamika hidrosfer. Data diperoleh melalui observasi, dokumentasi, angket, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual berbasis lingkungan dapat meningkatkan keaktivan dan hasil belajar siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 2 Karanganyar. Hal ini dapat dilihat dalam pelaksanaan siklus I dan siklus II. Pada siklus I indikator ketuntasan belajar siswa sebesar 48 % kemudian meningkat menjadi 85% pada siklus II, kemudian pada indikator keaktivan belajar siswa siklus I sebesar 51% meningkat menjadi 85% pada siklus II. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan pendekatan kontekstual berbasis lingkungan pada siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 2 Karanganyar pada mata pelajaran geografi (1) dapat meningkatkan keaktivan belajar siswa kelas X IPA 1 dalam proses pembelajaran geografi tahun ajaran 2013/2014 dan (2) dapat meningkatkan hasil belajar hasil belajar siswa kelas X IPA 1 dalam proses pembelajaran geografi tahun ajaran 2013/2014. Kata Kunci : Keaktivan dan Hasil Belajar, Pendekatan Kontekstual, Berbasis Lingkungan

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
      L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
      Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
      Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
      Depositing User: rifqi imaduddin
      Date Deposited: 17 Oct 2017 15:45
      Last Modified: 17 Oct 2017 15:45
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35236

      Actions (login required)

      View Item