Desain Pembelajaran Ekonomi pada Pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMA Negeri 4 Surakarta

Kostimawati, Siami (2017) Desain Pembelajaran Ekonomi pada Pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMA Negeri 4 Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (656Kb)
    [img] PDF - Published Version
    Download (16Kb)

      Abstract

      ABSTRAK Siami Kostimawati. K7413148. DESAIN PEMBELAJARAN EKONOMI PADA PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI 4 SURAKARTA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penyusunan desain pembelajaran ekonomi pada pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMA Negeri 4 Surakarta; (2) penerapan desain pembelajaran ekonomi pada pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMA Negeri 4 Surakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan berupa data hasil observasi pelaksanaan pembelajaran ekonomi dikelas, hasil wawancara, dan dokumen perencanaan pembelajaran ekonomi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan bersifat snowball sampling. Teknik pengumpulan data digunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas data yang digunakan adalah uji kredibilitas dan uji dependability dengan teknik analisis data pra-lapangan dan analisis data di lapangan. Analisis data di lapangan terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Temuan penelitan menunjukkan bahwa guru ekonomi di SMA Negeri 4 Surakarta telah menyusun perangkat pembelajaran berupa program tahunan, program semester, minggu efektif, silabus, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Penyusunan perangkat pembelajaran tersebut telah disesuaikan dengan Permendikbud Nomor 22 tahun 2016. Perangkat pembelajaran yang disusun oleh guru ekonomi masih sebatas untuk melengkapi syarat administrasi sekolah karena pada pelaksanaannya, rencana pembelajaran yang telah disusun tidak sepenuhnya dijadikan acuan bagi guru ekonomi untuk mengajar. Hal tersebut dibuktikan dengan penggunaan metode, sumber belajar, dan materi yang terkadang masih berbeda dengan apa yang telah tertulis dalam rencana pembelajaran. Kata Kunci: Desain pembelajaran, Perangkat pembelajaran, Perencanaan pembelajaran

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
      L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
      Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
      Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
      Depositing User: rifqi imaduddin
      Date Deposited: 17 Oct 2017 15:41
      Last Modified: 17 Oct 2017 15:41
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35234

      Actions (login required)

      View Item