PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN SPARKOL VIDEOSCRIBE PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR MATERI ALGORITMA KELAS X SMK SAKTI GEMOLONG

Fahrurozi, Slamet Kurniawan (2017) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN SPARKOL VIDEOSCRIBE PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR MATERI ALGORITMA KELAS X SMK SAKTI GEMOLONG. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (927Kb)
    [img] PDF - Published Version
    Download (211Kb)

      Abstract

      Slamet Kurniawan Fahrurozi. K3513066. PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN SPARKOL VIDEOSCRIBE PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR MATERI ALGORITMA KELAS X SMK SAKTI GEMOLONG. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2017. Sumber belajar memiliki peran penting dalam proses pembelajaran. Sumber belajar yang digunakan akan menentukan keberhasilan sebuah pembelajaran. Kurangnya sumber belajar yang memadai akan berdampak pada tingkat ketertarikan serta tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangan video pembelajaran pemrograman dasar materi algoritma yang layak diterapkan sebagai sumber belajar di kelas X TKJ SMK Sakti Gemolong dan mengetahui kelayakan media video pembelajaran yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and development) dengan menggunakan model pengembangan yang dikembangkan oleh Alessi dan Trollip (2001). Model pengembangan tersebut terbagi dalam 3 tahapan yakni Planning (gagasan), Design (desain), dan Develpoment (pengembangan). Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, metode literature atau kepustakaan dan metode instrumen. Video pembelajaran selanjutnya dilakukan validasi atau penilaian oleh ahli materi, ahli media dan pengguna yang dilaksanakan kepada 30 Peserta didik kelas X TKJ. Hasil penelitian menunjukkan telah berhasil dibuat video pembelajaran pada mata pelajaran pemrograman dasar yang terdiri dari 9 scene video yang terbagi menjadi 3 halaman menu utama. Berdasarkan hasil validasi video pembelajaran, diperoleh persentase kelayakan video pembelajaran sebesar 90,5% dari ahli materi, 95,9% dari ahli media, dan 84% dari pengguna atau peserta didik. Hal ini menunjukkan bahwa video pembelajaran yang telah dikembangkan dapat digunakan sebagai sumber belajar atau media pembelajaran mata pelajaran pemrograman dasar materi algoritma.

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
      Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
      Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
      Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
      Depositing User: rifqi imaduddin
      Date Deposited: 17 Oct 2017 15:06
      Last Modified: 17 Oct 2017 15:06
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35230

      Actions (login required)

      View Item