Evaluasi Kinerja Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK PGRI 1 Surakarta dengan Menggunakan Model CIPP

Kisniantoro, Widi (2017) Evaluasi Kinerja Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK PGRI 1 Surakarta dengan Menggunakan Model CIPP. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (672Kb)
    [img] PDF - Published Version
    Download (13Kb)

      Abstract

      Penelitian ini didasari karena belum adanya penilaian terhadap kinerja BKK di SMK PGRI 1 Surakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi: (1) konteks (context) kinerja BKK yang meliputi (a) tujuan BKK, (b) tugas dan fungsi BKK, (c) relevansi kebutuhan siswa; (2) masukan (input) kinerja BKK yang meliputi (a) sumber daya manusia, (b) sarana prasarana, (c) ADART/SOP, (d) pendanaan; (3) proses (process) yang meliputi (a) pengelolaan BKK, (b) siswa, (c) hambatan kinerja BKK; (4) produk (Products) kinerja BKK yaitu hasil pencapaian BKK. Penelitian ini dilaksanakan di SMK PGRI 1 Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode evaluasi kualitatif model CIPP (Context, Input, Process, dan Product). Responden yang menjadi data objek penelitian ini yaitu kepala sekolah, 2 pengurus BKK dan 70 siswa kelas XII. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket, wawancara dan dokumentasi. Validitas butir angket yang digunakan adalah validitas logika. Teknik analisis wawancara menggunakan analisis triangulasi dan analisis angket melalui analisis rata-rata yang dinilai berdasarkan kriteria penilaian. Hasil penelitian menunjukkan: (1) evaluasi terhadap konteks (context) kinerja BKK sudah cukup, aspek ini meliputi (a) terlaksanannya tujuan BKK, (b) pelaksanaan tugas dan fungsi BKK masih rendah, (c) adanya relevansi BKK terhadap kebutuhan siswa; (2) evaluasi terhadap masukan (input) kinerja BKK masih rendah. Aspek masukan meliputi: (a) sumber daya manusia yang ada masih kurang, (b) sarana prasarana yang ada sudah baik, (c) SOP masih perlu disediaan, (d) pendanaan kegiatan BKK masih kurang; (3) evaluasi terhadap proses (process) kinerja BKK sudah cukup. Aspek proses meliputi: (a) pengelolaan BKK sudah cukup, (b) peran siswa, (c) hambatan yang ditemui; (4) evaluasi terhadap produk (Products) kinerja BKK pada aspek hasil pencapaiannya masih rendah. Kata kunci: Evaluasi Program, CIPP, Kinerja BKK

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: L Education > L Education (General)
      L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
      T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
      Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
      Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
      Depositing User: rifqi imaduddin
      Date Deposited: 17 Oct 2017 14:55
      Last Modified: 17 Oct 2017 14:55
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35226

      Actions (login required)

      View Item