Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) untuk Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Siswa Dalam Pembelajaran IPS (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SDN Tegalayu No. 96 Tahun Ajaran 2016/2017)

Ismiati, Wiwit Nur (2017) Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) untuk Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Siswa Dalam Pembelajaran IPS (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SDN Tegalayu No. 96 Tahun Ajaran 2016/2017). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (463Kb)
    [img] PDF - Published Version
    Download (105Kb)

      Abstract

      Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi dalam pembelajaran IPS melalui penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) pada siswa kelas V SDN Tegalayu No. 96 Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Pada setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dan sumber data adalah guru dan siswa yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan model interaktif Miles & Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya nilai keterampilan berkomunikasi setiap setiap siklus, yaitu pada pratindakan hanya 52,5 dengan persentase ketuntasan klasikal 11,11%, meningkat menjadi 63,45 pada siklus I dengan persentase ketuntasan klasikal 33,33%, meningkat menjadi 72,79 pada siklus II dengan persentase ketuntasan klasikal 62,96%, dan meningkat menjadi 79,4 pada siklus III dengan persentase ketuntasan klasikal 88,89%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa kelas V SDN Tegalayu No. 96 Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Kata Kunci: Student Facilitator and Explaining (SFE), keterampilan berkomunikasi, pembelajaran IPS The purpose of this research is to improve the communicate skill in learning social sciences by applying Student Facilitator And Explaining (SFE) model in fifth grade student of SDN Tegalayu No. 96 Surakarta in academic year 2016/2017. The approachment of this research in classroom action research which consists of three cycles. Each cycle consists of two confluence and four phases, they are: planning, action implementation, observation, and reflection. The subject and data resources were teacher and student which consist of 27 students. The data collection techniques used observation, interview, and documentation. The validaty data techniques used triangulation of teknik and triangulation of data. The research data analysis used interactive model Miles and Huberman which consists of data collection, data reduction, data display, and conclusion drawing. The result of the research shows that the implemented of Student Facilitator and Explaining (SFE) models can improve the communicate skill. It can be proved by the increase of the communicate skill’s score in each cycle. In precycle, the average score of the communicate skill is 52,2 with 11,11% percentage completeness, increased to 63,45 with 33,33% percentage completeness in first cycle, increased to 72,79 with 62,96% percentage completeness in second cycle, and then increased to 79,4 with 88,89% percentage completeness in the third cycle. It can be concluded that the applied of Student Facilitator and Explaining (SFE) models can improve communicate skill in the fourth grade of SDN Tegalayu No. 96 Surakarta academic year 2016/2017. Keyword: Student Facilitator and Explaining (SFE), communicate skill, Learning Social Sciences

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: L Education > L Education (General)
      L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
      Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
      Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
      Depositing User: rifqi imaduddin
      Date Deposited: 17 Oct 2017 14:53
      Last Modified: 17 Oct 2017 14:53
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35225

      Actions (login required)

      View Item