PENGARUH PEMBELAJARAN PASSING SEPAKBOLA ANTARA PENDEKATAN DRILL DAN PENDEKATAN BERMAIN FUTSAL PADA SISWA PUTRA KELAS VIII SMP NEGERI 2 JATIROTO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2009/2010

SOPHIA THINKER SURYO HARTONO, DENY (2010) PENGARUH PEMBELAJARAN PASSING SEPAKBOLA ANTARA PENDEKATAN DRILL DAN PENDEKATAN BERMAIN FUTSAL PADA SISWA PUTRA KELAS VIII SMP NEGERI 2 JATIROTO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (529Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan pengaruh pendekatan drill dan pendekatan bermain futsal terhadap kemampuan passing dalam permainan sepakbola pada siswa putra kelas VIII SMP Negeri 2 Jatiroto Wonogiri tahun pelajaran 2009/2010. (2) Pembelajaran passing yang lebih baik pengaruhnya antara pendekatan drill dan pendekatan bermain futsal terhadap kemampuan passing dalam permainan sepakbola pada siswa putra kelas VIII SMP Negeri 2 Jatiroto Wonogiri tahun pelajaran 2009/2010. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini siswa putra kelas VIII SMP Negeri 2 Jatiroto Kabupaten Wonogiri tahun pelajaran 2009/2010 berjumlah 80 orang yang terbagi dalam empat kelas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling dengan teknik undian. Jumlah sampel yang akan digunakan dalam penelitian sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes ketepatan passing dalam permainan sepakbola Teknik analisis data yang digunakan dengan uji t pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan sebagai berikut: (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara pembelajaran passing sepakbola dengan pendekatan drill dan pendekatan bermain futsal terhadap kemampuan passing dalam permainan sepakbola pada siswa putra kelas VIII SMP Negeri 2 Jatiroto Wonogiri tahun pelajaran 2009/2010, dengan nilai perhitungan thit sebesar 2.2082 dan ttabel sebesar 1,75 pada taraf signifikasi 5%. (2) Pembelajaran passing sepakbola dengan pendekatan drill lebih baik pengaruhnya daripada pendekatan bermain futsal terhadap kemampuan passing dalam permainan sepakbola pada siswa putra kelas VIII SMP Negeri 2 Jatiroto Wonogiri tahun pelajaran 2009/2010. Kelompok 1 (kelompok yang mendapat perlakuan pendekatan drill) memiliki peningkatan sebesar 60.8696%. Sedangkan kelompok 2 (kelompok yang mendapat perlakuan pendekatan bermain futsal ) memiliki peningkatan sebesar 50.7463%.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Users 830 not found.
    Date Deposited: 14 Jul 2013 01:44
    Last Modified: 14 Jul 2013 01:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/3522

    Actions (login required)

    View Item