Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Revisi Anggaran Pada Pemerintah Daerah di Indonesia (Studi Pada Pemerintah Provinsi Tahun 2013-2015)

Af-idah, Zahara Nur (2017) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Revisi Anggaran Pada Pemerintah Daerah di Indonesia (Studi Pada Pemerintah Provinsi Tahun 2013-2015). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (319Kb)
    [img] PDF - Published Version
    Download (276Kb)

      Abstract

      Penelitian ini bertujuan untuk mencari bukti empiris atas faktor-faktor yang mempengaruhi revisi anggaran pada pemerintah daerah di Indonesia khususnya pemerintah provinsi. Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan periode tiga tahun mulai 2013 – 2015. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan regresi OLS (Ordinary Least Squares). Populasi dalam penelitian adalah provinsi di Indonesia. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sehingga didapat 28 sampel. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah tingkat revisi anggaran pada belanja operasi (RABo) dan belanja modal (RABm). Variabel independen dalam penelitian ini adalah inkrementalisme dalam penyusunan anggaran awal, fitur organisasi, kondisi keuangan, dan kondisi lokal sosioekonomik. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa inkrementalisme dalam penyusunan anggaran awal memiliki pengaruh terhadap revisi anggaran belanja operasi dan belanja modal. Variabel fitur organisasi, dan kemampuan keuangan daerah hanya memiliki pengaruh terhadap belanja operasi, tetapi tidak memiliki pengaruh untuk belanja modal. Di samping itu, variabel kondisi lokal sosioekonomik tidak berpengaruh baik untuk revisi anggaran belanja operasi maupun belanja modal. Kata Kunci : Revisi Anggaran, Belanja Modal, Belanja Operasi, Derajat Inkrementalisme, Fitur Organisasi, Kondisi Keuangan, Kondisi Lokal Sosioekonomik. Ketersediaan data : DJPK Kementerian Keuangan, BPS, BPK, Kementerian Dalam Negeri.

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
      Divisions: Fakultas Ekonomi
      Fakultas Ekonomi > Akuntansi
      Depositing User: rifqi imaduddin
      Date Deposited: 17 Oct 2017 14:36
      Last Modified: 17 Oct 2017 14:36
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35217

      Actions (login required)

      View Item