PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP GAYA MELALUI PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI TANJUNGSARI KEBUMEN TAHUN AJARAN 2016/2017

Febriana, Menik Wahyu (2017) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP GAYA MELALUI PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI TANJUNGSARI KEBUMEN TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (525Kb)
    [img] PDF - Published Version
    Download (96Kb)

      Abstract

      ABSTRAK Menik Wahyu Febriana. PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP GAYA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri Tanjungsari Kecamatan Buluspesantren Kabupaten Kebumen Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Mei 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep gaya melalui penerapan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) pada siswa kelas V SD Negeri Tanjungsari Kecamatan Buluspesantren Kabupaten Kebumen tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK).Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri atas pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Tanjungsari yang berjumlah 22 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, wawancara, dan tes.Validitas data yang dilakukan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga buah komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa melalui penerapan pendekatan pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat dapat meningkatkan pemahaman konsep gaya pada siswa kelas V SD Negeri Tanjungsari Kecamatan Buluspesantren Kabupaten Kebumen tahun ajaran 2016/2017. Peningkatan pemahaman konsep gaya tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata kelas dan jumlah siswa yang tuntas belajar pada setiap siklusnya. Pada kondisi awal nilai rata-rata kelas sebesar 63,2 dengan siswa tuntas sebanyak 7 siswa (31,8%). Kemudian nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 72,68 dengan siswa tuntas sebanyak 13 siswa (59,1%) dan pada siklus II nilai rata-rata kelas sebesar 78,6 dengan siswa tuntas sebaanyak 18 siswa (81,8%). Simpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) dapat meningkatkan pemahaman konsep gaya pada siswa kelas V SD Negeri Tanjungsari Kecamatan Buluspesantren Kabupaten Kebumen tahun ajaran 2016/2017. Kata Kunci: Sains Teknologi Masyarakat (STM), pemahaman konsep gaya ABSTRACT Menik Wahyu Febriana. THE APPLICATION OF SAINS TECHNOLOGY SOCIETY (STS) APPROACH TO IMPROVE THE CONCEPT OF FORCE’S COMPREHENSION (Classroom Action Research at Fifth Grade at SD N 1 Tanjungsari at Kebumen Academic Year 2016/2017).Thesis, Teacher Training and Education Faculty of Sebelas Maret University of Surakarta. May 2017. The purpose of this reasearch is to improve the concept of force’s comprehension through the application of Sains Technology Society (STS) in the 5thgrade of Elementary School Students in Tanjungsari as Sub district of Buluspesantren, Kebumen in the Academic Year 2016/2017. This reasearch is a classroom action research. The research was performed in two cycles, with each cycle consisting of planning, action implementation, observation, and reflection. The subjects of the research were the teacher and 5thgradeof Elementary School students in Tanjungsari as Sub-district of Buluspesantren, Kebumen who consisted of 22 indivuduals. The data the reasearch were gathered from the teacher and the students. Data was collected by using observation, interview, test, and documentation techniques. The data analysis technique was an interactive analyst which had three components. Those components consisted of data reduction, data presentation, and drawing coclusion. The results of this research shows that the class action through the implementation of Sains Technology Society (STS) can improve the concept of force’s in the 5thgradeof Elementary School students in Tanjungsari as Sub-district of Buluspesantren, KebumenAcademic Year 2016/2017. Its improvement is evidenced by an increasing of the class average grade and the number of students who pass the study in each cycle. At first, the class average grade was 63,2 and only 7 students passed the study (31,8%). Then the average number of the class on thr first cycle was 72,68 with 13 students passed the study (59,1%) and the second cycle class average grade was of 78,6 with 18 students passed the study (81,8%) Based on results of the research, it can be cocluded that this research about the application of Sains Technology Society (STS) can improve the concept of force’s in the 5thgradeof Elementary School students in Tanjungsari as Sub-district of Buluspesantren, KebumenAcademic Year 2016/2017. Key words: sains technology society (sts), concept of force’s

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: L Education > L Education (General)
      L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
      Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
      Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
      Depositing User: rifqi imaduddin
      Date Deposited: 17 Oct 2017 12:28
      Last Modified: 17 Oct 2017 12:28
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35208

      Actions (login required)

      View Item