Evaluasi Perkerasan Jalan, Pemeliharaan dan Peningkatan dengan Metode Analisa Komponen beserta Rencana Anggaran Biaya (RAB) Ruas Jalan Tangkil – Kedung Gupit, Kabupaten Sragen KM 0+000 – 2+000

Nugroho, Marenda Febri (2017) Evaluasi Perkerasan Jalan, Pemeliharaan dan Peningkatan dengan Metode Analisa Komponen beserta Rencana Anggaran Biaya (RAB) Ruas Jalan Tangkil – Kedung Gupit, Kabupaten Sragen KM 0+000 – 2+000. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (256Kb)
    [img] PDF - Published Version
    Download (757Kb)

      Abstract

      Peningkatan dengan Metode Analisa Komponen dan Rencana Anggaran Biaya (RAB) Ruas Jalan Desa Tangkil – Kedung Gupit, Kecamatan Sragen. Km 0+000 – 2+000. Tugas Akhir, Program Diploma III Teknik Sipil Transportasi, Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jalan raya adalah jalur-jalur tanah di atas permukaan bumi yang dibuat oleh manusia dengan bentuk, ukuran-ukuran dan jenis konstruksinya sehingga dapat digunakan untuk menyalurkan lalu lintas orang, hewan dan kendaraan yang mengangkut barang dari suatu tempat ke tempat lainnya dengan mudah dan cepat. Pengamatan yang dilakukan pada Jalan Tangkil – Kedung Gupit, Desa Tangkil, Kecamatan Sragen, Kabupaten Sragen dengan panjang jalan 2,00 km ini bertujuan untuk melakukan penilaian kondisi jalan dengan mengunakan metode Pavement Condition Index (PCI) dengan membagi jalan menjadi beberapa segmen yaitu tiap 50 m. Kemudian, tiap segment jalan dilakukan pengamatan (secara visual) dan pengukuran untuk mengidentifikasi jenis kerusakan yang ada dan melakukan penilaian sesuai dengan metode Pavement Condition Index (PCI). Berdasarkan hasil surve yang dilakukan di Jalan Tangkil – Kedung Gupit, dapat diketahui nilai PCI pada jalan tersebut sebesar 51,125. Dari hasil pengamatan diperoleh jenis kerusakan berupa retak buaya, retak memanjang dan melintang, lubang, amblas dan pengelupasan, serta retak slip. Kerusakan ini hanya terjadi pada beberapa segmen saja dan dilakukan perbaikan berdasarkan jenis kerusakan yang ada, yaitu pengisian retak, laburan aspal setempat, penebaran pasir, perataan dan penambalan lubang. Sesuai perhitungan volume kepadatan lalu lintas dan daya dukung tanah dilakukan perencanaan tebal lapisan ulang sesuai dengan umur rencana yaitu 10 tahun. Bahan perkerasan yang digunakan adalah LASTON Ms.744. Kemudian dari seluruh pekerjaan diperoleh total biaya yang diperlukan dalam usaha perbaikan & peningkatan mutu pada Jalan Tangkil – Kedung Gupit, Desa Tangkil, Kecamatan Sragen, Kabupaten Sragen. KM 0+000 – 2+000 tahun 2017 adalah Rp. 4.953.346.015,00. Kata kunci: Pavement Condition Index (PCI).

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
      Divisions: Fakultas Teknik
      Fakultas Teknik > Teknik Sipil
      Depositing User: rifqi imaduddin
      Date Deposited: 17 Oct 2017 11:56
      Last Modified: 17 Oct 2017 12:04
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35204

      Actions (login required)

      View Item