Penerapan Strategi Know Want Learn (KWL) dalam Menyimpulkan Isi Cerita pada Siswa Kelas V SD Negeri di Boyolali Tahun Pelajaran 2016/2017

Rahiim, Rahmawati (2017) Penerapan Strategi Know Want Learn (KWL) dalam Menyimpulkan Isi Cerita pada Siswa Kelas V SD Negeri di Boyolali Tahun Pelajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (98Kb)

    Abstract

    Rahmawati Rahiim.K7113176. Penerapan Strategi Know Want Learn (KWL) dalam Menyimpulkan Isi Cerita pada Siswa Kelas V SD Negeri di Boyolali Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2017. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk mendiskripsikan hasil penerapan strategi Know Want Learn (KWL) terhadap kemampuan menyimpulkan isi cerita pada siswa kelas V SD Negeri di Boyolali tahun pelajaran 2016/2017, (2) untuk meningkatkan kemampuan menyimpulkan isi cerita siswa melalui penerapan strategi Know Want Learn (KWL) pada pada siswa kelas V SD Negeri di Boyolali tahun pelajaran 2016/2017. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlangsung selama tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri di Boyolali tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 26 siswa. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik validitas data penelitian ini adalah validitas isi dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi Know Want Learn (KWL) dengan menggunakan media video dapat meningkatkan kemampuan menyimpulkan pada siswa kelas V SD Negeri di Boyolali tahun pelajaran 2016/2017. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan nilai kemampuan menyimpulkan siswa pada siklus II dan siklus III. Nilai rata-rata kemampuan menyimpulkan siswa pada pratindakan adalah 71 dan 38% dari 26 siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Pada siklus I, nilai rata-rata kelas adalah 69 dan 33% dari 24 siswa mencapai KKM. Pada siklus II nilai rata-rata kelas adalah 84 dan 85% dari 25 siswa mencapai KKM. Pada siklus III nilai rata- rata kelas adalah 86,6 dan 96% dari 26 siswa mencapai KKM. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) penerapan strategi Know Want Learn (KWL) dengan menggunakan media video dalam pembelajaran menyimpulkan pada siswa kelas V SD Negeri di Boyolali tahun pelajaran 2016/2017 memudahkan siswa dalam membuat kesimpulan dan membuat pembelajaran yang dilakukan siswa lebih aktif serta menyenangkan, dan (2) penerapan strategi pembelajaran Know Want Learn (KWL) dapat meningkatkan nilai kemampuan menyimpulkan pada siswa kelas V SD Negeri di Boyolali tahun pelajaran 2016/2017.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Noviana Eka
    Date Deposited: 17 Oct 2017 07:54
    Last Modified: 17 Oct 2017 07:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35194

    Actions (login required)

    View Item