PROSEDUR PENDAFTARAN NOMOR POKOK WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (NPWP-OP) MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI DIREKTORAT JENDERAL PAJAK DI KANTOR PELAYANAN PENYULUHAN DAN KONSULTASI PERPAJAKAN (KP2KP) WONOGIRI

NOVITA, ORSIANA (2017) PROSEDUR PENDAFTARAN NOMOR POKOK WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (NPWP-OP) MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI DIREKTORAT JENDERAL PAJAK DI KANTOR PELAYANAN PENYULUHAN DAN KONSULTASI PERPAJAKAN (KP2KP) WONOGIRI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret\.

[img] PDF - Published Version
Download (211Kb)

    Abstract

    ABSTRAK ORSIANA NOVITA KUMALASARI. D1514080. PROSEDUR PENDAFTARAN NOMOR POKOK WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (NPWP-OP) MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI DIREKTORAT JENDERAL PAJAK DI KANTOR PELAYANAN PENYULUHAN DAN KONSULTASI PERPAJAKAN (KP2KP) WONOGIRI. Program Studi Diploma III Manajemen Administrasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Sebelas Maret 2017, 80 halaman. Pajak adalah sumber penerimaan terbesar bagi negara, maka pemerintah dalam hal ini Direktorat Jenderal Pajak terus berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memenuhi kewajiban perpajakannya. Salah satu upaya yang dilakukan Direktorat Jenderal Pajak adalah dengan penerapan sistem teknologi informasi dalam pendaftaran Wajib Pajak untuk memperoleh Nomor Pokok Wajib Pajak, atau disebut e-Registration. Pendaftaran Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dengan SIDJP diperkenalkan oleh Direktorat Jenderal Pajak mulai tahun 2004. Aplikasi SIDJP (Sistem Informasi Direktorat Jenderal Pajak) merupakan sistem aplikasi bagian dari Sistem Informasi Perpajakan di lingkungan Direktorat Jenderal Pajak dengan berbasis perangkat keras dan perangkat lunak yang dihubungkan oleh perangkat komunikasi data yang digunakan untuk mengelola proses pendaftaran Wajib Pajak. Sistem ini terbagi dua bagian, yaitu sistem yang dipergunakan oleh Wajib Pajak yang berfungsi sebagai sarana pendaftaran Wajib Pajak secara online dan sistem yang dipergunakan oleh Petugas Pajak yang berfungsi untuk memproses pendaftaran Wajib Pajak. Pengamatan ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai prosedur pendaftaran Nomor Pokok Wajib Pajak Orang Pribadi (NPWP-OP) menggunakan Sistem Informasi Direktorat Jenderal Pajak di Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Wonogiri. Dalam penulisan laporan Tugas Akhir ini penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif dan observasi berperan aktif, dengan cara menggambarkan, menafsirkan, memaparkan, serta menganalisa data yang diperoleh dengan bukti yang otentik. Sedangkan teknik pengamatan yang telah dilakukan dengan cara melalui observasi, wawancara, dan mengkaji dokumen serta arsip. Dari pengamatan yang telah dilakukan ditemukan kelebihan dan kelemahan Sistem Informasi Direktorat Jenderal Pajak dalam pendaftaran Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) di Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Wonogiri. Untuk kelebihannya adalah lebih efisien karena berkas pendukung cukup di upload melalui sistem. Kelemahannya adalah koneksi jaringan error atau not responding saat akses aplikasi Sistem Informasi Direktorat Jenderal Pajak (SIDJP).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Manajemen Administrasi
    Depositing User: Noviana Eka
    Date Deposited: 16 Oct 2017 19:36
    Last Modified: 16 Oct 2017 19:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35185

    Actions (login required)

    View Item