PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS ARGUMENTASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUALY) (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SD Negeri Gabugan 3 Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2016/2017)

Ni’amah, Ika Widyyatun (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS ARGUMENTASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUALY) (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SD Negeri Gabugan 3 Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2016/2017). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Submitted Version
Download (743Kb)
    [img] PDF - Published Version
    Download (13Kb)

      Abstract

      Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menerapkan model pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visualization Intellectualy) guna meningkatkan kualitas proses pembelajaran keterampilan menulis argumentasi, dan (2) menerapkan model pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visualization Intellectualy) guna meningkatkan keterampilan menulis argumentasi siswa. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan selama dua siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Gabugan 3, Tanon, Sragen tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan validitas isi, triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata keaktifan siswa dalam pembelajaran keterampilan menulis argumentasi pada siklus I adalah 1,33 (kategori baik). Pada siklus II, nilai rata-rata keaktifan siswa adalah 2,01 (kategori baik). Adapun nilai rata-rata keterampilan menulis argumentasi siswa kelas IV SD Negeri Gabugan 3 Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen pada prasiklus adalah 50 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 9,09%. Pada siklus I, nilai rata-rata menulis argumentasi meningkat menjadi 67,3 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 50%. Pada siklus II, nilai rata-rata menulis argumentasi meningkat menjadi 78,5 dengan ketuntasan klasikal sebesar 90%. Simpulan penelitian ini adalah: (1) penerapan model pembelajaran SAVI dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran keterampilan menulis argumentasi, dan (2) penerapan model pembelajaran SAVI dapat meningkatkan keterampilan menulis argumentasi siswa kelas IV SD Negeri Gabugan 3, Tanon, Sragen tahun ajaran 2016/2017. Kata kunci: Keterampilan menulis argumentasi, (SAVI), Somatic Auditory Visualization Intellectualy, Sekolah Dasar

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
      Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
      Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
      Depositing User: rifqi imaduddin
      Date Deposited: 16 Oct 2017 18:36
      Last Modified: 16 Oct 2017 18:36
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35175

      Actions (login required)

      View Item